Sukses

Hamil Tanpa Mual Muntah, Normalkah?
19 Apr 2016, 09:05 WIB
Wanita, 30 tahun.

Kehamilan kedua kok beda dengan kehamilan anak pertama, dimana saya mengalami morning sickness dengan mual dan muntah... apa kehamilan ini bermasalah karena tidak disertai morning sick ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan diakibatkan karena perubahan hormonal yang umumnya terjadi di awal kehamilan (minggu ke 6-8, puncak pda minggu ke 12-14, dan membaik pada minggu ke-22) sampai badan wanita tersebut beradaptasi dengan peningkatan produksi hormon. Mual dan muntah dapat terjadi sepanjang hari namun memburuk di pagi hari karena perut yang kosong atau jika ibu hamil tidak makan dalam porsi yang cukup. Mual dan muntah ini biasanya terjadi pada 80 – 85% kehamilan selama triwulan pertama, dengan gejala muntah yang mengganggu sebesar 52%.

Apabila tidak ada keluhan yang terjadi selama kehamilan bukan berarti kehamilan tersebut tidak normal, karena mual dan muntah bukan ukuran dari kehamilan yang baik. Malah apabila anda tidak mual dan muntah anda bisa lebih leluasa makan makanan yang bergizi.

Untuk informasi lengkap Anda mengenai tanda dan pemeriksaan kehamilan, Kami sertakan artikel:
Tanda-tanda Kehamilan dan cara Memastikan Kehamilan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar