Sukses

Rahim Ke Arah Belakang
19 Apr 2016, 09:20 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat sore dok, dok mau tanya pada saat MCU rutin dari kantor, dokter kandungan menyatakan kalo rahim saya menghadap ke belakang, namun itu tidak menghambat jalan lahir. Saya baru menikah 2 bulan lalu, mohon penceragannya dok, apakah hal tersebut bisa memperlambat proses kehamilan? Terima kasih dokter Salam Elvi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Uterus atau rahim Retroflexi  adalah salah satu variasi bentuk rahim dimana rahimnya  ke arah belakang sehingga mulut rahim tertarik keatas. Sekitar 20-30% wanita rahimnya retroflexi. Bentuk rahim pada umumnya disebut anteflexi (posisi rahim menghadap kedepan. Posisi rahim retroflexi menyebabkan rahim kembali mengeluarkan sperma setelah ejakulasi.

Gangguan kesuburan pada kasus ini hanya karena pada saat berhubungan mulut rahim tidak terpapar oleh sel sperma. Biasanya untuk kasus seperti ini di upayakan agar cairan sperma, bisa mencapai mulut rahim, misalnya dengan posisi ibu setelah berhubungan meletakkan punggung ditempat yang lebih tinggi (diganjal).

Cara lain yang dapat dilakukan adalah melakukan hubungan intim dengan posisi Doggy Style (dari arah belakang) sehingga sperma tidak akan keluar lagi. Setelah itu jangan langsung tidur/berdiri, namun tetap berada dalam posisi sujud sekitar 20-30 menit. Jika kemungkinan penyebab infertilitas yang lain tidak dijumpai, maka upaya operasi rekonstruksi dapat dilakukan.

Uterus atau rahim hiperanteflexi adalah salah satu variasi bentuk rahim dimana posisi rahim yang terlalu maju ke depan.Tidak banyak wanita yang memiliki rahim hiperanteflexi.

Terapi umumnya jarang dilakukan, apabila emang sulit terjadi kehamilan maka dapat diusulkan cara lain untuk memiliki anak seperti IVF ataupun bayi tabung.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar