Sukses

Pasca Operasi FAM

18 Apr 2016, 14:44 WIB
Wanita, 31 tahun.

siang dok...mau tanya januari 2016 saya operasi yg kedua tumor payudara FAM, yang mau saya tanya kan payudara kadang ada rasa nyeri apakah itu aman2 saja walau nyeri gk ada tiap hari or tiap jam, or tanda akan tumbuh lagi tumor? mohon info nya dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

 

Terima kasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kelainan payudara yang umum pada wanita muda adalah fibroadenoma mamae. FAM  (Fibroadenoma mammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

Tumor jinak payudara (FAM) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun dan dapat berulang. Terapi utama untuk FAM adalah dengan pengangkatan tumor (operasi).

 

Pasca operasi, mungkinkah muncul FAM baru?

 

FAM memang dapat berulang/muncul kembali, namun hal ini jarang terjadi dan membutuhkan waktu yang cukup lama pasca operasi. Anda baru saja melakukan tindakan operasi 2 bulan yang lalu maka kemungkinan munculnya FAM di bekas luka operas sangat kecil. Proses penyembuhan luka pasca operasi ada beberapa tahap, dan remodelling adalah fase terakhir. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Kecuali jika disertai rasa nyeri, perdarahan, atau luka yang tidak mengering dalam waktu lama sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter spesialis bedah yang menangani Anda.

 

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan payudara untuk menambah wawasan Anda:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar