Sukses

Bayi Anemia
18 Apr 2016, 13:34 WIB
Wanita, 7 tahun.

anak saya diagnosa anemia defisian besi padahal dia anak asi dan belu mada tambahan susu formula apapun?kok anak asix bisa anemia ya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter di Klikdokter.com.

Bayi yang masih menyusui ASI eksklusif bisa mengalami anemia defisiensi besi karena ASI mengandung kadar zat besi yang rendah. Jika usia bayi Anda sudah lebih dari 6 bulan, Anda bisa memberikan tambahan MPASI (makanan pendamping ASI) yang kaya akan zat besi seperti hati ayam misalnya. 

Anemia pada anak bisa disebabkan karena kurangnya asupan zat besi atau nutrisi penting lain yang pada akhirnya akan mempengaruhi kadar oksigen dalam sel darah merah mereka. Untuk mencegahnya, pastikan buah hati Anda menjalani pola makan sehat seperti berikut:

  • Hindari memberi susu sapi pada anak sebelum mereka berumur 1 tahun

  • Ketika mulai menyapih, berilah makanan tambahan yang kaya asupan zat besi seperti hati ayam

  • Untuk buah hati yang diberikan susu formula, pilihlah susu yang kandungan zat besinya tinggi

  • Saat memasuki usia balita, pastikan buah hati Anda mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti sereal, roti dan gandum (untuk lebih pastinya, cek dulu penjelasan pada kemasan makanan). Tambahkan juga telur, daging, kentang dan umbi-umbian, tomat, gula tebu dan kismis yang juga kaya akan zat besi untuk menambah kadar oksigen dalam darah.

Jikalau perlu, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak Anda dan menanyakan apakah bayi Anda perlu mendapatkan tambahan suplemen zat besi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Salam, 

 

0 Komentar

Belum ada komentar