Sukses

Batuk Berdahak

18 Apr 2016, 11:31 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat pagi dok,,, usia saya 21 tahun, saya mengalami batuk berdahak kira kira sudah ada 1 bulan lebih. batuk itu hilang dan datang begitu saja, namun jika batuk itu datang tenggorakan saya terasa panas, agak sesak nafas, bernafas rasanya seperti mendengkur. apa batuk saya ini berbahaya dok?? trimzzzz

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada batuk berdahak, dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas. Karena itu, pengobatan batuk berdahak dilakukan untuk mengeluarkan dahaknya. Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sementara ekspektoran berfungsi merangsang batuk agar dapat mengeluarkan dahak. 

Obat apakah yang sudah Anda konsumsi? Apakah obat batuk yang Anda berikan sudah sesuai? Apakah keluhan batuk Anda disertai pilek dan demam? Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Karena sulit bagi kami untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda tanpa adanya pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar