Sukses

Imunodefisiensi Primer

26 Apr 2016, 06:13 WIB
Pria, 22 tahun.

Salam Hormat Dok adik sya di diagnosa mmliki penyakit imundefesiensi primer (SCID). Apakah stemcell adlh cera pngobtan terbaik ? apkh di indonesia tersedia ?

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Imunodefisiensi merupakan cacat pada salah satu atau lebih komponen imunitas tubuh yang dapat meninmbulkan gejala klinis, bahkan sampai mengancam nyawa.Terdapat beberapa karakteristik utama imunodefisiensi, yaitu memiliki hasil akhir berupa mudah terserang infeksi, kanker, penyakit autoimunitas, dan lainnya.

Imunodefisiensi dapat dibagi menjadi kelainan imunodefisiensi primer, yang hampir selalu ditentukan oleh faktor genetik, dan imunodefisiensi sekunder, yang dapat muncul sebagai komplikasi dai kanker, infeksi, malnutrisi, atau efek samping imunosupresan, radiasi, atau kemoterapi.Berikut akan dijelaskan mengenai imunodefisiensi primer dan sekunder.

Imunodefisiensi Primer

?Sebagian besar penyakit imunodefisiensi primer ditentukan secara genetik dan mempengaruhi bagian humoral dan/atau seluler dari imunitas adaptif (dimediasi oleh sel limfosit B dan T), atau dapat juga mempengaruhi mekanisme defensif dari imunitas bawaan (sel NK, fagosit, atau komplemen).

Walau umumnya dianggap cukup jarang, bentuk ringan dari imunodefisiensi primer ini dapat ditemukan di banyak orang. Sebagian besar imunodefisiensi ini bermanifestasi pada usia bayi (6 bulan - 2 tahun) dan terdeteksi karena bayi mengalami infeksi rekuren.

Ada beberapa penyakit yang masuk dalam imunodefisiensi ini dan memberikan gejala dan terapi yang berbeda beda pula. Kalau boleh tau apakah penyakit yang adik anda derita? sehingga kami dapat membahas nya secara detail.

Pasien dengan imunodefisiensi primer ini haruslah kontrol rutin kepada dokter yang biasa menanganinya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar