Sukses

Apa Penyebab Dari Rosacea?

26 Apr 2016, 06:30 WIB
Wanita, 0 tahun.

Dear Dok, hampir sebulan yang lalu dokter kulit menyatakan saya terkena Rosacea. Setelah rutin minum obat, Rosaceanya pun hilang. Namun 3 minggu kemudian, badan saya pun rash lagi. Yang tadinya cuma di dada dan lengan, sekarang ada di punggung dan paha. Saya pun dianjurkan untuk mengecek darah, hasilnya untuk Hemoglobin adalah 12,5 dan LED 54. Pertanyaan saya adalah apa ada hubungan erat antara hemoglobin dan LED? Dan apa ada makanan atau hal2 lain yang perlu saya hindari agar tidak terjadi trigger? Dari visit dokter kulit terakhir, saya dikasih obat Clavamox dengan dosis tinggi. Sudah saya rutin minum selama 3 hari berturut2 tapi tidak ada efek, malahan seperti purging rashes namun tidak gatal. Itu gimana ya dok? thanks

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.Rosacea adalah salah satu jenis penyakit kulit yang menyerang setidaknya 45 juta orang di dunia. Pada umumnya, rosacea lebih cenderung menyerang orang berkulit putih (bule). Ciri cirinya adalah berupa bercak bercak merah, bintik bintik kecil kemerahan dengan jumlah yang banyak pada wajah, seperti di kening dan pipi. Gejala ini kerapkali muncul sesekali atau permanen. Gejala yang muncul sesekali umumnya terjadi pada saat seseorang yang berkulit sensitif tersebut mengalami perubahan emosi, seperti malu, marah, sedih, lelah, bersemangat, dsb). Kendati Rosacea ini tidak menular dan tidak berbahaya, namun hingga saat ini belum ditemukan penyebab munculnya penyakit kulit yang satu ini. Selain itu, Rosacea juga tidak dapat disembuhkan.

Pemicu lainnya, diantaranya perubahan iklim, paparan temperatur yang berlebihan, dan terbakar matahari. Komponen tertentu dalam makanan, yaitu kafein, alkohol dan rempah-rempah, juga dapat menyebabkan kondisi ini. Pemicu lainnya termasuk latihan stres dan kecemasan.

Beberapa obat, seperti steroid olesan, dapat menyebabkan iritasi kulit yang menyebabkan Rosacea. Pengelupasan kulit (Peeling) dengan kimia, perawatan mikrodermabrasi, tretinoin dan benzoil peroksida, yang semuanya digunakan untuk menangani jerawat, juga dapat menyebabkan Rosacea. Jika Anda menggunakan obat ini, lebih baik mengurangi dosis secara bertahap dan bukannya menghentikan secara langsung, untuk mencegah reaksi tiba-tiba atau sensasi terbakar.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar