Sukses

Ingin Cepat Hamil pada Penderita Nyeri Haid
16 Apr 2016, 14:15 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya sudah meniikah saya pengen cepet punya anak tpi ko saya ini klu dateng bulan sakit ya,itu bermasalah ga ya dok

Terimakasih Anda menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Memiliki buah hati merupakan impian dari setiap pasangan suami istri. Beberapa pasangan langsung mengiginkan dan tidak menunda kehamilan. Untuk itu mereka segera melakukan program perencanaan kehamilan Namun tahu kah Anda, jika ingin merencanakan kehamilan pastikan kondisi kesehatan reproduksi keduanya dalam keadaan normal. Selain itu mengonsumsi makanan yang sesuai dapat membantu Anda menjalani program kehamilan tersebut.

Berikut yang dapat Anda lakukan jika sedang merencanakan kehamilan:

  1. Periksakan kesuburan Anda kepada dokter ahli untuk menentukan apakah kondisi status reproduksi Anda dan pasangan dalam keadaan baik.
  2. Mengetahui masa subur, cara menghitung masa subur adalah, jika siklus menstruasi normal Anda adalah 21-28 hari, maka cara perhitungan masa suburnya adalah 14 hari sebelum haid Anda berikutnya (plus minus 2 hari). Selain itu, wanita yang sedang mengalami ovulasi seringkali mengalami gejala-gejala seperti perubahan pada lendir serviks (menjadi lebih licin dan basah) atau seringkali mengalami nyeri pada perut.
  3. Rutin melakukan hubungan intim dengan pasangan, lakukanlah hubungan 2-3 hari sekali.
  4. Makanlah makanan-makanan bergizi tinggi yang baik untuk memperbaiki kwalitas sel telur dan sperma, seperti konsumsi sayur dan buah secara teratur. Semua jenis sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk perkembangan sperma dan sel telur. Makanlah makanan yang menjadi sumber protein, protein dipercaya mampu memberikan kekuatan pada sel sperma maupun sel telur. Konsumsi vitamin asam folat untuk istri, vitamin ini dapat membantu menjaga kualitas sel telur, atau konsumsi zink untuk suami, zink dapat meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih bertenaga.
  5. Rutin berolah raga.
  6. Hindari stress berlebihan.
  7. Nikmati hubungan intim bersama pasangan. Lakukan hubungan dengan tujuan mendapatkan kepuasan seksual dari pasangan. Hindari tujuan berhubungan hanya semata-mata mengharapkan keturunan, keadaan tersebut dapat menyebabkan stress dan dapat menghambat kehamilan.
  8. Stop merokok, baik bagi suami maupun istri rokok merupakan musuh utama. Merokok dapat menurunkan kualitas sperma seseorang bahkan menyebabkan kemandulan. Dan jika asap rokok masuk kedalam tubuh ibu maka akan merusak sel telur dan dinding rahim.

Nyeri pada menstruasi (dismenore) adalah rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang diarasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu:

  • Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin
  • Dismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Berlangsunglebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa panyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Saat ini yang harus Anda ketahui termasuk dismenorea apakah yang Anda alami? Namun jika Anda telah menikah lebih dari 1 tahun dan melakukan hubungan teratur, menjalankan pola hidup sehat namun tetap belum memiliki keturunan, sebaiknya Anda memeriksakan penyebab nyeri haid Anda, karena terdapat beberapa penyakit yang menyebabkan nyeri pada haid dan dapan menjadi penyulit kehamilan, seperti endometriosis. Endometriosis adalah pertumbuhan  kelenjar endometrium dan stroma yang berasal dari rahim.  Pada endometriosis, lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim, berespon terhadap siklus menstruasi, namun lapisan endometrium yang berada di luar rahim tidak memiliki jalan keluar untuk perdarahan yang dialaminya setiap bulan sehingga lapisan disekitarnya akan meradang dan membengkak sehingga menimbulkan nyeri haid yang hebat.

Untuk mengetahui hal tersebut sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan Anda lebih lanjut kepada dokter ahli

Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat memberikan manfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar