Sukses

Cara Mengatasi Insomnia dan Mengatasi Mata Sembab Akibat Insomnia

17 Apr 2016, 08:43 WIB
Pria, 0 tahun.

dok cara mengatasi insomnia seperti apa dan gimana cara mengatasi mata panda

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-lonsultasi klikdokter.com

Insomnia merupakan salah satu bentuk gangguan tidur dimana penderita mengalami kesulitan tidur (kurang dari 6-8 jam per hari), Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia ini dapat mengakibatkan meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya dan tingginya angka kesalahan dalam melakukan pekerjaan. Terlebih, rasa kantuk dan kurang istirahat yang berlangsung kronik dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, gangguan mood dan kejiwaan, obesitas, dsb.

Inilah 5 alasan Anda mengalami sulit tidur di malam hari yang mungkin tidak pernah Anda sadari:

 

?

 

              Suplemen

Memang benar bahwa kita mungkin membutuhkan suplemen untuk menunjang kesehatan kita secara umum. Akan tetapi, suplemen-suplemen tertentu dapat menyebabkan Anda mengalami mimpi yang jelas dan membangunkan Anda di malam hari. Vitamin B6 dan B12 dapat menyebabkan gangguan tidur pada sebagian orang, terutama bila dikonsumsi berdekatan dengan waktu tidur malam.

 Kekurangan nutrisi tertentu

Kekurangan/defisiensi vitamin D adalah penyebab insomnia yang umum. Lalu apa solusinya? Secara teratur luangkan waktu agar terpapar matahari pagi, atau konsumsi suplemen vitamin D. Walaupun lebih jarang terjadi, defisiensi vitamin B12 juga dapat mempengaruhi kualitas tidur malam Anda.

Vegetarian memiliki kemungkinan defisiensi vitamin B12 yang lebih besar, dan dengan demikian, kelompok ini sebaiknya memasukkan suplemen vitamin B12 ke dalam menu mereka. Apabila Anda mengonsumsi suplemen B-kompleks, minumlah pada pagi hari untuk mengurangi kemungkinan gangguan tidur pada malam hari.

  Perangkat elektronik

Gadget elektronik, seperti telepon seluler, perangkat video game,dan komputer, memancarkan cahaya buatan yang dapat menyebabkan masalah tidur. Melatonin, atau hormon yang mengatur pola tidur, akan terpengaruh ketika tubuh terpapar pada cahaya buatan dalam jangka waktu yang lama. Bila Anda menghabiskan waktu di malam hari di depan komputer atau perangkat lain yang sejenis, Anda dapat mengalami kesulitan untuk tidur. Karenanya, hindarilah keinginan untuk duduk di depan komputer ataupun menulis pesan singkat atau memeriksa akun sosial media melalui handphone saat Anda hendak tidur di malam hari.

 

Rasa Cemas

Beban pikiran yang terlalu berat seperti pekerjaan yang menumpuk, rasa sedih dan rasa takut yang berlebihan bagi seseorang dapat menimbulkan gangguan psikologis, sehingga dapat menyebabkan seseorang sulit untuk tidur.

             Beberapa Penyakit

 Tonsilitis (radang amandel), maupun gastroesophageal reflux disease (GERD), merupakan beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sleep apnea, atau suatu keadaan yang menyebabkan seseorang berhenti bernapas selama beberapa saat di dalam siklus tidurnya. 

 

Untuk menghilangkan lingkar hitam (nata panda) pada insomnia:

  1. Usahakan tidur yang cukup, tidur dan istirahat yang cukup mampu menghilangkan kantung mata. Bayarlah hutang tidur Anda
  2. Banyak konsumsi air putih
  3. Jus lemon dan tomat. Cobalah oleskan campuran jus lemon dan tomat ke lingkaran hitam. Lakukan 2 kali sehari. 
  4. Teh kantong. Rendamlah teh kantong dalam air dingin kemudian kompreskan ke area di bawah mata. Cara ini juga dinyatakan efektif menghilangkan lingkaran hitam. 

?Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar