Sukses

Penyebab Pusing Saat Melihat

16 Apr 2016, 21:51 WIB
Pria, 0 tahun.

dok kenapa mata saya terkadang pusing pas lihat

Terimakasih Anda telah mengguanakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Pertama-tama kami ingin meminta maaf, sebab Keluhan yang Anda sebutkan kurang spesifik dan terlalu umum. Namun kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Pusing atau mungkin sakit kepala pada saat melihat suatu objek kemungkinan dapat disebabkan oleh gangguan pada mata. Berikut akan kami bahas mengenai gangguan-gangguan pada mata:

  1. Miopia Miopia (rabun jauh)adalah suatu kelainan refraksi dimana sinar-sinar sejajar masuk ke bola mata tanpa akomodasi akan dibiaskan didepan retina. Untuk mengoreksinya dipakai lensa sferis minus.
  2.  Hipermetropia Hipermetropia (rabun dekat) atau ‘Far – sightedness’ adalah suatu kelainan refraksi daripada mata dimana sinar – sinar yang berjalan sejajar dengan sumbu mata tanpa akomodasi dibiaskan dibelakang retina, oleh karena itu bayangan yang dihasilkan kabur. Untuk mengoreksinya dipakai lensa sferis plus. 
  3. Astigmatisma Astigmatisma adalah suatu kondisi dengan kurvatura yang berlainan sepanjang meridian yang berbeda-beda pada satu atau lebih permukaan refraktif mata ( kornea, permukaan anterior atau posterior dari lensa mata ), akibatnya pantulan cahaya dari suatu sumber atau titik cahaya tidak terfokus pada satu titik di retina. Pada astigmatisma, karena adanya variasi dari lengkungan kornea atau lensa pada meridian yang berbeda-beda mencegah berkas sinar itu memfokuskan diri kesatu titik. 

Pusing dapat diakibatkan karena mata terlalu lama melakukan akomodasi yang tidak normal. Mata akan dipaksa melakukan miosis (pengecilan kornea) berlebihan pada panderita miopi, dan melakukan midriasis(pelebaran kornea) berlebihan pada penderita rabun dekat. keadaan akomodasi tidak normal ini akibat mata berusaha untuk selalu melihat fokus, sedangkan pada akhirnya otot-otot yang memfungsikan bola mata menjadi lelah. Hal ini dapat menyebabkan pusing.

Namun Anda sebaiknya segera memeriksakan diri kepada dokter ahli untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut mengenai penyakit pusing yang Anda derita, karena penyebab pusing/ sakit kepala ternyata bukan saja diakibatkan oleh gangguan pada mata, dapat pula diakibatkan karena kurang tidur, tekanan darah meningkat, dsb.

Demikian yang dapat sampaikan , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar