Sukses

Apakah Hepatitis A dapat Kambuh?

16 Apr 2016, 21:05 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, saya mengidap hepatitis a dan baru beberapa minggu ini keluar dari rumah sakit setelah dilakukan cek HBsAg -Negatif. saya rawat jalan di rumah selama 2 minggu. seminggu sekali saya cekup SGOT/SGPT ada yg naik ada yg turun dok.. baru tadi malam saat saya buang air kecil warna urin kembali kuning tdk normal lalu saya tidur dan pagi saya buang air kecil normal lagi, yg ingin saya tanyakan apakah saya akan kembali sakit dok.? saya juga sering merasakan linu2 kembung di bagian perut kanan atas padahal terakhir cek SGOT/SGPT saya 50/46 dari sebelumnya saat pertama 400/300. mohon di jawab ya Dok. Terimakasih

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda

Sebelum menjawab pertanyaan Anda terlebih dahulu kita bahas mengenai hepatitis A,

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Hepatitis A adalah salah satu foodborne diseases yang paling sering ditemui di dunia. Setiap tahun ada sekitar 1,4 juta orang tertular hepatitis A di dunia.

?Gejala yang dapat muncul meliputi adalah demam, lemah, lesu, tidak nafsu makan, gangguan perut serta mata menjadi tampak berwarna kuning. Masa inkubasi (jarak antara virus masuk ke tubuh dan gejala timbul) berkisar antara 15 sampai 50 hari, rata-rata 28-30 hari.

Cara penyebaran utamanya adalah melalui makanan atau cairan yang telah terkontaminasi oleh virus ini, atau kontak langsung dengan pengidap. Virus dapat ditemukan pada tinja seorang pengidap dan mencapai puncak 1-2 minggu sebelum timbulnya gejala, dan berkurang secara cepat setelah timbulnya gejala. Karena itu, mencuci tangan menjadi salah satu upaya penting untuk mencegah penularan meluas.

Wabah biasanya terjadi dengan pola common source (dari orang ke orang), yakni di tempat umum yang banyak dikunjungi masyarakat untuk makan-makan – yang kebetulan lingkungannya kotor. Umumnya terjadi pada pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak dengan baik, makanan yang tercemar, sanitasi yang buruk, dan kebersihan rendah.

Pasien hepatitis A yang berat dapat dirawat di rumah sakit. Hal ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta untuk mencegah penularan ke lingkungan sekitarnya. Pengobatannya tidak diperlukan antibiotik, karena bersifat self-limiting disease (penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya).

Jadi pemyakit ini merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, yang terpenting adalah, penderita harus mampu meningkatkan daya tahan tubuh maupun mencegah penularan kepada orang lain.

Warna urine kuning pekat memang meruapakan salah satu gejala dari penyakit tersebut, namun bukan satu satunya penyebab, kurang konsumsi air juga dapat menyebabkan gejala tersebut. Rasa nyeri pada ulu hati biasanya diakibatkan karena adanya pembesaran liver akibat hepatitis, peregangan dari organ hati ini dapat menyebabkan nyeri. Namun yan perlu Anda ketahui angka kekambuhan penyakit ini sangatlah kecil, dan dapat sembuh denan sempurna. Selama masa pemulihan gejala-gejal yang pernah timbul pada saat terjadinya serangan akut mungkin saja masih dapat dirasakan. Untuk saat ini yang perlu Anda lakukan adalah, istirahat yang cukup, konsumsi makanan rendah lemak, serta rutin berkonsultasi dengan dokter ahli.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar