Sukses

Efek Samping Spiral
19 Apr 2016, 14:14 WIB
Wanita, 2 tahun.

Saya sudah menikah dan punya 1 orang anak. Saat ini saya menggunakan kb spiral, selama 6 bulan sejak pasang spiral selalu keluar flek. Menurut dokter itu karena rahim saya masih adaptasi dgn spiral. Sekarang sudah hampir 2 tahun saya menggunakan spiral kadang2 masih suka ngeflek. Kalau berhubungan dgn suami kadang suami saya merasa ada yg 'nusuk2'. Saya rutin kontrol spiral setiap tahun, terakhir kontrol kurang lebih 4 bln yg lalu ada radang di mulut rahim. Pertanyaan saya, apakah itu pengaruh spiral? Apakah saya tidak cocok menggunakan spiral? Mohon penjelasan nya dokter. Terimakasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) atau yang sering disebut juga kb spiral bagi banyak kaum wanita merupakan alat kontrasepsi yang terbaik, karena metode ini sangat efektif, bekerja dengan cepat dan jangka waktu penggunaannya cukup lama sehingga tidak perlu diingat setiap hari seperti halnya pil. Untuk satu kali pemakaian, lama penggunaan alat ini adalah 5 sampai 10 tahun sebelum kemudian digantikan dengan alat yang baru. Bagi ibu yang menyusui, AKDR tidak akan mempengaruhi isi, kelancaran ataupun kadar air susu ibu (ASI). Namun, ada wanita yang ternyata belum dapat menggunakan sarana kontrasepsi ini. Karena itu, setiap calon pemakai AKDR perlu memperoleh informasi yang lengkap tentang seluk-beluk alat kontrasepsi ini.

Pemasangan IUD (spiral) bisa kapan saja, namun saat menstruasi terjadi perlunakan dari cervix dan pembukaan dari cervix jadi lebih mudah untuk dipasang. Metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, dan peningkatan jumlah darah menstruasi.  Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. 

Adapun mengenaik rasa 'tertusuk' memang normal dirasakan pada orang yang menggunakan spiral, karena ada benang plastik yang menjadi penanda spiral masih terpasang di tempatnya, dan benang ini memang mencapai area vagina.

Adapun mengenai radang di mulut rahim, harus diteliti secara lebih lanjut. Radang mulut rahim bisa terjadi akibat bermacam-macam penyebab, misalnya infeksi akibat higiene yang kurang, dll. Radang itu sendiri juga harus diteliti lebih lanjut, apalagi karena ibu juga memiliki gejala flek diluar masa menstruasi. Spiral bisa saja/ bisa juga tidak menjadi penyebab dari radang rahim tersebut. Apakah ibu mengalami gejala nyeri pinggang? Kami sarankan ibu memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lengkap.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar