Sukses

Penyebab Benjolan di Ketiak dan Kanker Payudara
14 Apr 2016, 09:42 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat Siang Dok. Saya Andini, usia 24th, BB 50kg, TB 160cm. Mau bertanya apakah ini termasuk gejala kanker payudara ataukah bukan. Di ketiak saya jika diraba sering sekali ada benjolan kencil tetapi tidak nampak, benjolannya seperti jerawat dan rasanya sakit jika tersentuh. Terkadang muncul di ketiak sebelah kanan/kiri, tetapi setelah beberapa hari benjolan itu hilang lagi dan terkadang tiba2 muncul di area yang berbeda tetapi masih di area ketiak saja. Apakah benjolan tersebut bisa menyebabkan kanker payudara ataukah hanya benjolan seperti jerawat saja ya, Dok? Terima Kasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyebab tersering timbulnya benjolan di daerah ketiak adalah akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga. 

Selain itu, benjolan dengan tanda infeksi juga dapat berupa hidraadenitis supurativa. Yaitu kondisi benjolan bernanah yang berukuran dari sebesar kacang hingga sebesar bola kasti, nyeri dan dapat terjadi menahun. Seringkali mengenai daerah seperti ketiak, payudara, lipat paha, lipat pantat di mana banyak terdapat kelenjar keringat apokrin dan kelenjar sebasea.

Selanjutnya mengenai kanker payudara, tidak semua perubahan pada payudara merupakan tanda kanker payudara. Ada juga perubahan yang merupakan pertanda normal. Setiap 1-2 minggu sebelum menstruasi, keadaan payudara memang dapat berubah menjadi agak membengkak, dapat terasa nyeri dan biasanya dirasakan di seluruh bagian payudara. Perubahan ini akan menghilang dalam waktu 1 minggu setelah menstruasi berakhir.

Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.
  2. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.
  3. Perubahan pada puting  susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.
  4. Nyeri pada payudara.

Namun untuk memastikan penyebab timbulnya benjolan pada ketiak Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan benjolan tersebut ke dokter sehingga dapat dievaluasi karakteristik benjolan dan kondisi jaringan sekitarnya. Dengan begitu Anda dapat memperoleh pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar