Sukses

Anak Alergi Susu
15 Apr 2016, 09:22 WIB
Wanita, 2 tahun.

Anak saya alergi dan ada riwayat asma, saya observasi sendiri makanan mana yg menyebabkan alergi, ternyata anak saya alergi terhadap susu dan kacang tanah. Setiap minum susu atau makan kacang tanah pasti anak saya gatal-gatal. Tapi klo anak saya makan biskuit, roti, yoghurt, keju, atau olahan susu lain nya tidak apa-apa. Pertanyaan saya kenapa bisa seperti itu ya Dok? Sebenarnya zat alergen apa yg terkandung dalam susu? Apa mungkin zat alergen tersebut berubah atau rusak pada produk olahan susu? Mohon penjelasan nya. Terimakasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika anak Anda mengalami gejala alergi ketika minum susu, namun aman-aman saja jika makan produk olahan susu, maka kemungkinan ia menderita alergi susu sapi yang ringan. 

Alergi susu sapi ringan terjadi jika anak mengonsumsi susu langsung, bukan produk olahan atau makanan yang mengandung susu. Karena produk olahan susu strukturnya telah berubah, dan juga kandungan susu di dalam makanan olahan yang mengandung susu juga sedikit, sehingga kemungkinannya menimbulkan reaksi alergi lebih kecil.

Namun pada anak dengan reaksi alergi sedang atau berat, jumlah susu yang sedikit saja sudah dapat membangkitkan reaksi alergi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar