Sukses

Mens atau hamil?
13 Apr 2016, 12:07 WIB
Wanita, 23 tahun.

Gini dok.. Kan saya baru married tgl 11 bulan maret.. Tgl 12 maret saya baru selesai mens. Nah pas 2 minggu nikah saya coba pake tespack.. Hasilnya negatif dok. Sekarang saya merasa seperti mau mens tp keluar darahnya sedikit. Saya baca artikel tanda kehamilan muda sama seperti yg saya alami sekarang. Keluar bercak2 darah tp sangat sedikit dibanding pada saat mens.. Tp sudah 2 hari dok kaya gini.. Menurut dokter saya ini mens atau hamil muda?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah berkonsultasi dengan kami,

Bercak darah yang terjadi pada awal kehamilan disebabkan adanya penempelan janin pada rahim. Adanya kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu ke depan. Pemeriksaan tespack dilakukan dengan mendeteksi kadar hormon beta HCG yang terdapat di dalam urin Anda. Pemeriksaan hormon ini mendeteksi adanya kehamilan sebab hormon beta HCG ini dihasilkan saat terjadi kehamilan. 

Apabila tespack masih negatif, mungkin saja disebabkan oleh hormon beta HCG yang masih rendah. Namun apabila setelah 2 minggu diperiksa ulang tidak juga memberikan hasil yang positif, kemungkinan besar Anda tidak hamil. Segera memiliki keturunan merupakan salah satu tahapan yang ingin diraih bagi para pasangan muda, namun Anda masih bisa melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan di bulan berikutnya, seperti melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur) yang biasanya terjadi kurang lebih 14 hari setelah hari pertama haid . 

Demikian kami sampaikan, semoga memberi manfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar