Sukses

Peningkatan LED

11 Apr 2016, 22:14 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya sudah 4 hari panas tinggi dan dihari 1 dan ke 2 muntah setiap sudah makan. Kemudian oleh dokter klinik disarankan tes hematologi dan widal aglutinasi. Hasilnya sebagai berikut: Hemoglobin 13.9 Lekosit 4.600 Trombosit 234.000 Hematokrit 42 Eritrosit 5.00 MCV 83.6 MCH 27.8 MCHC 33.3 LED 47 Salmonella typhi O 1/8 Salmonella typhi H 1/8 Salmonella paratyphi AO negatif Salmonella paratyphi AH negatif Salmonella paratyphi BO negatif Salmonella paratyphi BH negatif Salmonella paratyphi CO negatif Salmonella paratyphi CH negatif Yang ingin ditanyakan, bagaimana penjelasan dari hasil tersebut? lalu hasil LED saya 47 seharusnya normal kurang dari 20, itu artinya bagaimana dok? terimakasih

Terima kasih telang menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Laju Endap Darah (LED) atau disebut juga Erythrocyte Sedimentation Rate (ESR) adalah kecepatan sel darah merah berpresipitasi atau mengendap dalam jangka waktu 1 jam. Cara pemeriksaan LED yang sering dipakai adalah Wintrobe dan cara Westergren.

  1. Wintrobe nilai rujukan :
    • Wanita 0 -- 20 mm/jam
    • Pria   0 -- 10 mm/jam
  2. Westergren nilai rujukan :
    • Wanita 0 -- 15 mm/jam
    • Pria   0 -- 10mm/jam

LED mencerminkan peradangan akut dan kronik, proses kematian sel, proses degeneratif, serta penyakit limfoproliferatif yang dapat menyebabkan perubahan pada protein plasma yang terdapat di darah yang mengakibatkan penggumpalan dari sel darah merah. 

Peningkatan LED merupakan respon yang tidak spesifik terhadap kerusakan jaringan dan merupakan petunjuk adanya penyakit. Peningkatan LED menunjukkan suatu infeksi yang aktif atau terapi penyakit sebelumnya yang tidak berhasil. LED yang tinggi juga dapat dijumpai pada keadaan-keadaan seperti haid, anemia, kehamilan setelah bulan ketiga, dan pada orang tua. Beberapa obat-obatan juga dapat meningkatkan hasil LED, diantaranya dextran, metildopa, kontrasepsi oral, teofilin, penisilamin prokainamid, dan vitamin A, sementara aspirin, kortison, dan kuinin dapat menurunkan LED.

LED dapat dipakai untuk menilai perjalanan dari penyakit. Peningkatan laju endap darah dibandingkan sebelumnya menunjukkan proses yang meluas, sedangkan laju endap darah yang menurun dibandingkan sebelumnya menunjukkan suatu perbaikan. 

Karena LED merupakan penanda infeksi nonspesifik dan dipengaruhi oleh banyak faktor  (teknik, obat-obatan), hasil yang didapatkan sebaiknya dikonfirmasikan dengan gejala klinis yang terjadi dan hasil laboratorium yang lain. Diagnosis suatu penyakit tidak dapat diambil hanya dengan melihat hasil LED saja. Jadi pada kasus Anda dimana terdapat peningkatan LED dari nilai normal maka harus dikonfirmasi dengan gejala yang ada atau dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium lain. 

Jadi peningkatan LED yang anda alami mungkin saja tidak berkaitan dengan adanya penyakit karena tidak didukung dengan hasil laboratorium yang lain (leukosit meningkat) maupun dengan keluhan pada klinis. Mungkin saja hal ini disebakan karena teknik atau obat-obatan seperti yang saya sebutkan diatas. Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu. 

Terima Kasih

0 Komentar

Belum ada komentar