Sukses

Pemeriksaan HSG

11 Apr 2016, 22:34 WIB
Wanita, 27 tahun.

siang dok, saya menikah jan 2015 dan blm juga hamil. saya perna USG 2D dgn hasil rahim normal dantdk ada kista/miom. saya ingin melakukan HSG u/ mengetahui saluran tuba dan transv u/ mengetahui sel telur saya. bagaimana prosedur nya dok? mana yang lebih dlu saya lakukan HSG / transv? Terimakasih

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Pemeriksaan histerosalpingografi (HSG) merupakan salah satu pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat struktur rahim dan saluran telur. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menyemprotkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam rongga rahim melalui vagina, kemudian dilakukan foto rontgen untuk melihat apakah zat tersebut masuk hingga saluran telur atau tidak (ada sumbatan/tidak dan letaknya). Jadi, pemeriksaan ini memang yang baik untuk melihat saluran kandungan. 

Beberapa efek samping HSG yang mungkin terjadi adalah keram, perdarahan vagina, atau pusing dan pingsan. Untuk mengatasinya, dapat diberikan antibiotik sebelum prosedur dilakukan untuk mencegah infeksi dan Anda juga disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri yang akan mengurangi keram yang mungkin terjadi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar