Sukses

Gumpalan Lemak dan Darah dari Hidung

11 Apr 2016, 16:52 WIB
Pria, 46 tahun.

Selamat pagi, assalamualaikum, salam sejahtera untuk kita semua.. Saya mau tanya, tadi barusan saja saya buang ingus (saya tiap pagi selalu pilek dan selalu buang ingus) nah tapi pagi ini ada yang buat saya bener-bener kaget, waktu saya ngeluarin ingus dari hidung ehh yang keluar malah gumpalan lemak disertai darah beku. Bisa lihat gambarnya di bawah ini. http://s.kaskus.id/images/2016/04/11/7058077_20160411071623.jpg Setelah gumpalan lemak itu keluar ga ada tanda-tanda sakit, nyeri atau apapun saat saya bernapas, biasa-biasa saja. Saya mohon jawaban dari pakar yang ada di sini, soalnya saya lagi di daerah terisolasi, rumah sakit jauuuuh, hehe.. jadi sementara konsultasi disini dulu. terimakasih :)

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran  yang Anda rasakan saat ini. Pertama - tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: sudah berapa lamakah Anda mengalami keluhan ini? Apakah sebelum kejadian ini Anda pernah mengalaminya? Apakah terdapat darah yang mengucur dari hidung? Jika ya, seberapa banyakkah? 

Apa yang Anda alami dapat berupa mimisan ringan yang terjadi karena pecahnya pembuluh darah yang mengakibatkan darah menggumpal, kemudian menutup sumber perdarahan, namun ketika dikeluarkan maka sumber perdarahan akan kembali berdarah. Anda dapat menghindari perubahan suhu yang terlalu drastis sehingga Anda menghirup udara hangat, menghindari membuang ingus terlalu keras dan menghindari mengorek-ngorek hidung. Namun, dapat juga merupakan tanda dari penyakit lain yang lebih serius seperti polip hidung, sinusitis atau kegananasan.  Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu dan mungkin pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda. Jika keluhan tidak berulang dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu mengkhawatirakan. Untuk itu, jika keluhan masih tetap berlangsung maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar