Sukses

Mata merah akibat soft lens

11 Apr 2016, 07:17 WIB
Wanita, 0 tahun.

dok saya ingin bertanya. semenjak sy memakai softlens, kelopak mata bawah bagian dalam saya merah , dan sprti pembuluh darahnya banyak disitu. itu normal atau tidak?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Penggunaan softlens, meskipun akan memberikan hasil yang lebih baik secara kosmetik namun akan memberikan risiko yang lebih tinggi terhadap timbulnya infeksi atau iritasi yang berbahaya pada mata.

Softlens membutuhkan perhatian mulai dari penggunaan, lama pemakaian,  penyimpanan dalam kotaknya, dan perawatan kebersihan. Karena penggunaan softlens yang kurang tepat dapat berakibat terjadinya infeksi pada kornea mata. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan batas pemakaian softlens Anda (apakah 1 bulan atau 3 bulan, dll) dan pastikan agar tidak dipakai melebihi waktu yang ditentukan. Penyimpanan dan perawatan kebersihannya juga harus diperhatikan dengan seksama agar tetap bersih dan tidak menjadi sumber infeksi. Pemakaian softlens juga dapat mengkondisikan mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip lebih sering guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat meneteskan cairan pelembap khusus untuk softlens langsung ke mata secara rutin guna mencegah kekeringan pada mata tersebut terjadi. Hindarilah ruang ber-AC terlalu lama dan pakailah kacamata pelindung apabila berjalan di luar ruangan (outdoor). Satu lagi, pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi (50-55%).

Mengenai keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan anda mengalami iritasi, cobalah untuk menggunakan tetes mata untuk menjaga kelembaban mata anda. Jika hal tersebut tidak mampu mengurangi merah pada mata anda, berkonsultasilah dengan dokter agar anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

    0 Komentar

    Belum ada komentar