Sukses

Perbedaan jamur dan eksim

11 Apr 2016, 07:20 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok kemarin kan saya habis dari dokter. Saya terkena eksim tp ada juga bagian lain jamut Nah saya rada lupa mana eksim mana jamurnya. Kira2 perbadaan jamur dan eksim gimana ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kulit berjamur dan eksim secara umum dapat menimbulkan keluhan yang serupa menurut kasat mata. Namun jika hal ini diteliti lebih dalam, sebenarnya kulit berjamur dan kulit alergi merupakan suatu hal yang berbeda.

Kulit yang berjamur merupakan kondisi kulit yang terkena infeksi oleh jenis jamur tertentu, seperti panu akibat infeksimalasezzia furfur robin.

Sedangkan eksim merupakan suatu bentuk kelainan pada kulit yang disebabkan bukan karena infeksi. Oleh karena itu, pada kulit yang alergi akan jelas terjadi peradangan pada kulit tersebut.

Untuk lebih jelas mengetahui perbedaan antara kulit berjamur dan kulit alergi, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

Kulit berjamur tentu disebabkan oleh infeksi jamur. Pada umumnya, infeksi jamur dapat ditularkan melalui kontak fisik dan areanya biasanya pada daerah yang lembap. Sedangkan eksim disebabkan oleh adanya alergi tubuh terhadap suatu hal, misalnya debu, tungau, makanan, ataupun udara. Karena disebabkan oleh alergen, jadi kulit alergi tidak dapat ditularkan.

Kulit berjamur biasanya timbul pada daerah-daerah lembap dan hangat, seperti pada daerah selangkangan, kaki, atau daerah pada kulit yang sering berkeringat. Sedangkan pada eksim, lokasi yang umumnya dapat muncul keluhan adalah daerah wajah atau kepala pada bayi, dan pada orang dewasa dapat muncul di daerah leher, siku, kaki, tangan, dibalik lutut, hingga pergelangan tangan.

3Walaupun kedua penyakit bisa menimbulkan keluhan gatal yang sangat mengganggu, namun pada pemeriksaan lesi pada kulit dapat terlihat adanya perbedaan yang signifikan. Pada infeksi jamur, biasanya lesi kulit yang muncul akan jelas terlihat batasnya. Lesi yang dapat muncul karena infeksi jamur adalah lesi merah dengan daerah di tengah lebih terang daripada daerah pinggirnya (central healing). Pada eksim, lesi yang dapat timbul adalah lesi berwarna merah, bersisik, dan dapat juga timbul nanah atau cairan-cairan dan terkadang terlihat basah.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

    0 Komentar

    Belum ada komentar