Sukses

Tanda kehamilan dan keputihan selama kehamilan
11 Apr 2016, 07:42 WIB
Wanita, 26 tahun.

Malam dok... saat ini saya sudah telat haid selama 2minggu..tetapi saya keputihan..dan keputihan saya memang tidak terlalu bnyk dan tidak setiap hari.. 5hari lalu saya coba testpack 2x dan hasil positif.. 3hari setelahnya saya coba cek ke bidan..dan menurut bidan usia kehamilan saya sudah 6minggu 3hari dihitung dri haid terakhir saya..tetapi setelah diraba memang ternyata blm teraba karna kata bidan usia kandungan baru 6minggu... tpi perubahan pada tubuh saya termasuk payudara audah mulai agak membesar... yg saya tanyakan..apakah memang benar saya positif hamil??dan apakah keputihan yg saya alami skrg wajar?? Terimakasih dok ?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda.

Tanda tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, nyeri perut bagian bawah dan sebagainya.

Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil.

Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin  (test pack) dan tes darah. Selain itu, untuk memastikan kehamilan, pemeriksan USG kehamilan perlu dilakukan karena pada kehamilan kecil, rahim masih sangat kecil sehingga belum teraba. 

Keputihan selama kehamilan dapat berupa sesuatu yang wajar asal tidak berbau, tidak menimbulkan gatal, dan tidak terlalu banyak. Jika keputihan anda berbau, menimbulkan gatal, dan jumlahnya banyak sebaiknya anda berobat ke dokter karena keputihan dapat mengganggu proses kehamilan.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar