Sukses

Golongan darah dan kehamilan

11 Apr 2016, 10:04 WIB
Pria, 29 tahun.

gol darah? dok apakah gol darah jg merupakan fktor masalah kehamilan? untuk diketahui istti sya gol darah B dsn saya gol darah O?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pembagian golongan darah dapat dibagi menjadi beberapa sistem, dua sistem yang paling banyak dikenal dan dipakai dalam dunia kedokteran adalah sistem ABO (A, B, AB, dan O) serta sistem rhesus (rhesus positif dan negatif). Sistem golongan darah ABO tidak terlalu berpengaruh terhadap kehamilan. Hal yang lebih berpengaruh terhadap kehamilan adalah sistem rhesus.Jika suami memiliki rhesus posotif dan istri memiliki rhesus negatif, maka pada kehamilan kedua dan selanjutnya dapat menyebabkan masalah pada janin yang dikandungnya. Ini disebut dengan istilah eritoblastosis fetalis. Untuk mencegahnya, diperlukan penanganan khusus yaitu penyuntikan Rho (D) imunoglobulin setelah kehamilan pertama untuk mencegah masalah pada kehamilan kedua dan berikutnya.

Cobalah untuk memeriksa rhesus anda dan pasangan anda sebelum hamil.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

    0 Komentar

    Belum ada komentar