Sukses

Gejala alergi susu sapi
11 Apr 2016, 09:47 WIB
Wanita, 9 tahun.

Mau tnya dok,anak yg pnya alergi harus menjauhi makanan apa saja?klo saya ganti susunya ke susu chilmil yg biasa apa alergi kmbuh & mengetahui klo kmbuhnya itu bagaimana?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada prinsipnya anak yang memiliki alergi makanan harus menghindari jenis makanan tersebut. Misalnya anak anda mengalami gatal setelah makan kacang, maka hindarilah untuk memberikan kacang kepada anak anda. Pada orang indonesia, beberapa jenis makanan yang kerap menimbulkan alergi adalah susu sapi, telur, udang, kacang, ikan tongkol, dll. Namun demikian, ingatlah bahwa anda tidak perlu menjauhi semua jenis makanan tersebut karena bisa berdampak terhadap kurangnya gizi anak. Cukup hindari makanan yang menimbulkan reaksi alergi. 

Jika anak mengalami alergi susu sapi, maka pilihan utamanya adalah ASI. Jika ASI tidak ada, gunakanlah susu yang cocok untuk anak dengan alergi susu sapi seperti formula hidrolisat ekstensif, formula asam amino, atau formula soya. Setelah 6 bulan, anda dapat mencoba memberikan susu formula biasa dalam jumlah sedikit, jika timbul gejala alergi seperti gatal dan merah pada kulit, gejala pada saluran cerna seperti muntah, diare, dan sakit perut, serta gejala saluran nafas seperti asma dan bersin maka hentikanlah pemberian susu formula biasa karena itu berarti tubuh anak anda masih memiliki reaksi alergi terhadap susu sapi sehingga kembalilah ke formula khusus untuk anak dengan alergi susu sapi. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar