Sukses

Alergi Pada Anak
10 Apr 2016, 10:33 WIB
Wanita, 9 tahun.

Mau tnya dok,anak yg pnya alergi harus menjauhi makanan apa saja?klo saya ganti susunya ke susu chilmil yg biasa apa alergi kmbuh & mengetahui klo kmbuhnya itu bagaimana?

Setiap orang mungkin memiliki reaksi alergi. Reaksi alergi yang dimiliki setiap orang dapat berkisar mulai dari tingkat yang ringan hingga tingkat yang berat.

Penyebab alergi (alergen) adalah berbeda pada setiap anak, kita harus mengenali penyebab alergi pada anak. Setelah kita mengetahui penyebabnya, barulah kita dapat menghindari penyebabnya.

Berikut beberapa jenis penyebab alergi pada anak:


  1. Alergi makanan, merupakan reaksi berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap makanan tertentu. Makanan yang sering menyebabkan alergi adalah susu sapi, sereal, kacang-kacangan, putih telur, udang, dan ikan. Selain itu, alergi juga dapat disebabkan oleh sulfide atau salisilat yang terkandung di dalam makanan, obat-obatan, penyedap makanan, zat pengawet dan pewarna sintetis. Gejala akibat alergi makanan dapat berupa diare ataupun penampakan ruam merah pada kulit (urtikaria)
  2. Alergi pada kulit, alergi pada kulit ini biasanya mempunyai gejala adanya benjolan/ruam (urtikaria), gatal, kemerahan dan kondisi kulit lainnya yang sangat umum. Ruam bisa disebabkan oleh banyak hal. Reaksi alergi terjadi dapat disebabkan oleh obat, makanan, atau penyakit tertentu lainnya.
  3. Alergi debu, alergi debu mempunyai gejala umum selalu bersin saat berada pada daerah yang kotor, banyak debu, atau di ruangan yang lama tak berpenghuni. Selain itu, buku dan baju yang sudah lama Anda simpan juga bisa menjadi pencetus kambuhnya alergi anak Anda.
  4. Alergi hewan peliharaan, alergi pada hewan peliharaan adalah reaksi alergi terhadap protein yang ditemukan di sel kulit, air liur, bulu, ataupun air seni hewan. Tanda-tanda alergi hewan peliharaan termasuk yang umum, seperti bersin, pilek, batuk dan sesak. Beberapa orang bisa mengalami gejala asma, seperti bengek dan sesak nafas. Alergi karena hewan peliharaan yang paling sering terjadi dipicu oleh paparan serpih kulit mati atau bulu hewan peliharaan.
  5. Alergi obat, alergi obat adalah reaksi alergi di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap obat-obatan tertentu yang dikonsumsi oleh seseorang. Beberapa jenis obat, termasuk obat yang dijual bebas ataupun obat yang menggunakan resep dokter, berpotensi menimbulkan alergi terhadap orang yang sensitif terhadap obat tersebut.

Jadi terlebih dahulu Anda harus mengetahui apakah penyebab alergi pada anak Anda, jika penyebabnya adalah debu maupun hewan peliharaan, maka tidak ada masalah dengan makanan/minumannya. namun jika penyebabnya adalah makanan, maka Anda harus menemukan makanan yang tepat yang tidak merangsang alergi pada anak.

Memilih susu bagi anak harus disesuaikan dengan tubuah anak itu sendiri, namun saat ini beberapa susu pada anak diklaim tidak menyebabkan alergi pada anak, sehingga ibu dapat merasa lebih tenang dalam memberikan susu kepada anak.

Kemudian, tanda-tanda alergi anak kembali kambuh yaitu dengan melihat gejala-gejala alergi pada anak yang sebelumnya telah menghilang, kembali muncul karena satu dan lain hal,

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar