Sukses

Alergi Susu Sapi
11 Apr 2016, 21:01 WIB
Wanita, 6 tahun.

Mlm dok.. Anak sya skr lg sakit batuk sm pilek.. Setelah berobat di dokter anak ternyata anak saya didiagnosa alergi susu sapi... Yg kadi pertanyaan.. Klo anak saya alergi susu sapi knp gak dr dulu kenanya malah ketahuan sekarang stlah anak saya umur 6 bln.. Mhon infonya dok.. Terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com,

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah gejala yang dirasakan hanya batuk dan pilek? Apakah ada gejala lain seperti kemerahan kulit, diare? 

Adapun seputar pertanyaan Anda, bisakah alergi susu sapi baru muncul saat usianya 6 bulan? Jawabannya bisa. Hal ini tergantung atas pembentukan antibodi dalam tubuh anak, yang hingga akhirnya mengenali susu sapi sebagai alergen dan timbullah reaksi ketidakcocokan. Perlu ibu ketahui, bahkan saat seseorang berusia sudah cukup dewasa, masih bisa tiba-tiba muncul gejala alergi susu sapi meskipun sebelumnya selalu baik-baik saja saat mengonsumsi susu sapi. Gejala alergi pun memang bermacam-macam.

Alergi susu sapi merupakan reaksi sistem pertahanan tubuh terhadap faktor (fraksi protein) yang terkandung dalam susu. Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) dan sebagian lainnya gejalanya baru muncul setelah beberapa waktu (reaksi lambat).

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

  1. Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),

  2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan

  3. Saluran pernapasan (4-25%).

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

  • - Sakit perut

  • - Mual

  • - Muntah

  • - Sesak napas atau mengi

  • - Ruam, bengkak, gatal pada kulit

  • - Diare

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya).

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar