Sukses

Benjolan di Bawah Rahang

11 Apr 2016, 09:34 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum dok, saya ingin bertanya. akhir2 ini saya baru sadar di bawah rahang pipi saya terdapat benjolan. tapi, benjolan itu akan terasa jika di tekan atau benar2 di sentuh. Apakah itu peradangan kelenjar getah bening dok? Saat ini saya merasa sehat, hanya saja saya baru sembuh dari radang tenggorokan & flu. apakah benjolan ini merupakan peradangan KGB karena virus radang dan flu? Terima Kasih dok. :)

 

Terimakasih atas pertanyaan Anda, 

Untuk mendiganosa mohon berikan penjelasan mengenai benjolan Anda, sejak kapan, letak, ukuran, konsistensi kenyal/lunak/keras, warna, nyeri tekan ada/tidak. Benjolan di rahang bawah sebagian besar merupakan pembesaran kelenjar getah bening (KGB) namun bisa juga disebabkan oleh hal lain misalnya infeksi pada kelenjar ludah. Pembesaran KGB terjadi saat tubuh berusaha mengeluarkan sel-sel imunitas (daya tahan tubuh) kita untuk melawan benda asing, benda asing tersebut bisa merupakan infeksi (kuman), peradangan hingga yang berat yaitu tumor/kanker. Mungkin pembengkakan Anda disebabkan paska infeksi tenggorokan dan flu Anda. Namun tetap harus dilakukan pemeriksaan untuk menilai benjolan tersebut. 

Anda bisa coba menjaga daya tahan tubuh Anda dengan cara istirahat yang cukup (7-8 jam dalam sehari), mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan sayur dan buah, konsumsi banyak air putih, dan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan. Ingat untuk memperbaiki daya tahan tubuh, yang paling baik adalah dengan istirahat. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar