Sukses

Nyeri Sebelum dan Sesudah Menstruasi

13 Apr 2016, 08:16 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok saya satu tahun yang lalu pernah di kuret karena keguguran. Lalu 3-4 bulan belakangan ini sering sakit perut sebelah kiri atas kemudian semakin parah sakitnya sampai ke perut sebelah kanan bawah. Sakit ini sering terjadi ketika menjelang menstruasi dan sehabis mesntruasi. Terkadang sakitnya sangat menusuk sampai tidak bisa bangun, pernah ketika parah di bawa ke UGD di diagnosa ISK dan ada pembengkakan saluran ginjal. Namun saat ini tetap saja sakitnya kadang muncul lagi ketika mau mens. Kemudian keluhan kedua setelah di kuret sangat sulit hamil padahal sudah berusaha mengikuti sesuai masa subur, apakah ada hubungannya? Lalu sebenarnya apakah penyebab sakit perut pada saya? Terimaksih.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang diarasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu :

  • Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin
  • Dismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa panyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Apabila dismenorea yang dirasakan adalah dismenorea primer maka tidak akan ada masalah, namun apabila penyebabnya adalah dismenorea sekunder, maka ada kemungkinan faktor penyebab tersebut dapat mengganggu kesuburan Anda. Jika rasa nyeri haid ini baru Anda alami akhir-akhir ini (dismenorea sekunder), segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari dismenorea ini dan mendapat penatalaksaan yang tepat sedini mungkin, jika perlu akan dilakukan pemeriksaan ultasonopgraphy (USG) untuk menilai kondisi rahim dan sekitarnya. Untuk mengurangi rasa nyeri sementara Anda dapat mengkonsumsi obat analgetik/anti nyeri. Pengobatan selanjutnya disesuaikan dengan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar