Sukses

Gangguan pada Sendi Rahang
07 Apr 2016, 18:00 WIB
Pria, 19 tahun.

selama siang dok dok saya terkena Tmj di bagian kiri tiap hari tipa buka mulut maupun nutup selalu bunyi kletuk kletuk cara mengatasi dan menyembuhkan gimana dok jika dilakukan sendiri dirumah terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi sendi rahang Anda. Memang salah satu gejala gangguan pada sendi rahang atau TMD adalah berupa timbulnya bunyi ketika membuka dan menutup mulut, berikut beberapa gejala lainnya

  • Nyeri di sekitar sendi rahang
  • Nyeri kepala
  • Gangguan pengunyahan
  • Terbatasnya buka mulut

    Selain gejala diatas, mungkin juga terjadi gejala lain, seperti :

  • Nyeri otot terutama otot leher dan bahu
  • Nyeri telinga
  • Telinga berdengung
  • Vertigo

Untuk perawatannya maka langkah awal yang perlu diambil adalah dokter gigi perlu mengidentifikasi apakah ada faktor dari dalam rongga mulut yang menjadi penyebab TMD, seperti gangguan penutupan gigi rahang atas dan rahang bawah, adaya kontak prematur antara gigi, atau adanya gangguan akibat penggunaan gigi palsu.

Selanjutnya jika faktor dalam mulut tidak ditemukan sebagai penyebab  maka perlu dicurigai adanya faktor ekstraoral yang menjadi penyebabnya. Apakah "jalur" penutupan sendi rahang Anda ada masalah, atau anatomi sendi rahang memang tidak simetris, lalu bagaimana pergerakan kepala sendi rahang di dalam fossa, apakah terdapat kelainan otot-otot pengunyahan. 

Penanganannya tidak dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan dokter gigi, mengingat kelainan sendi rahang atau TMD merupakan sesuatu yang kompleks maka dalam penanganannya terkadang dibutuhkan kerja sama antara dokter gigi spesialis bergantung dari tingkat keparahannya. Bisa membutuhkan koreksi rahang dengan cara pembedahan, bisa juga tidak atau bisa juga membutuhkan perawatan orthodontik, bila kelainan berasal dari posisi gigi yang tidak normal.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar