Sukses

Cara Agar Cepat Hamil

07 Apr 2016, 10:30 WIB
Wanita, 0 tahun.

Selamat siang dokter . saya boleh bertanaya ? kira2 ingin cepat hamil bagusnya makan apa ? dan kira2 berhubungan yang bagus bagaimana ?? soalnya saya pengen cepat hamil dok :(

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Untuk mempersiapkan kehamilan Anda harus mengetahui masa subur, mengoptimalkan hubungan intim, dan mempersiapkan tubuh untuk kehamilan.

Pada pasangan yang normal, kehamilan mungkin terjadi pada setiap waktu pada masa subur tetapi hubungan intim paling mungkin akan menghasilkan kehamilan pada hari-hari di mana terdapat lendir serviks dengan kesuburan tinggi, terdapat sensasi basah atau licin pada vulva, dengan lendir serviks yang transparan dan elastis.

Jumlah lendir subur paling banyak terjadi pada satu atau dua hari sebelum hari puncak dan merupakan waktu dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Hari puncak hari terakhir ketika lendir yang subur ada sering bersamaan dengan waktu ovulasi. Pergeseran suhu menyakinkan bahwa ovulasi sedang terjadi. Pada waktu tingkat kesuburan maksimum, serviks tinggi, pendek, lurus, lembek, dan terbuka dan mengalirkan lendir yang subur.

Hitunglah Masa Subur
Selain perubahan fisik, masa subur ini dapat dihitung di atas kertas. Masa subur berkaitan erat dengan menstruasi dan siklus menstruasi. Dalam menghitung masa subur diperlukan siklus menstruasi bulanan. Anda sebaiknya membuat catatan mengenai siklus menstruasi secara teratur setiap bulannya.

Caranya mudah yaitu dengan menuliskan pada buku diary atau dengan memberi tanda pada kalender menggunakan spidol berwarna. Tandai hari pertama menstruasi yaitu hari pertama siklus dimana keluar bercak-bercak kecoklatan sampai kemerahan. Hari-hari selanjutnya diberi nomer namun tidak termasuk hari pertama menstruasi berikutnya.

Meskipun ada yang mengusulkan untuk membuat catatan menstruasi selama setahun (menogram). Dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir misal 28 hari, 30 hari, 27 hari kemudian dibuat rata-ratanya. Jika rata-ratanya menghasilkan 28 hari yang berarti kondisi normal, maka masa suburnya akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

Perhitungan masa subur ini akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

Dari beberapa buku yang saya baca mengenai kehamilan, usia paling aman untuk hamil adalah 25-35 tahun. Intinya, secara fisik dan psikis sang ibu sudah cukup siap untuk bereproduksi.

Nutrisi makanan yang baik dalam mempersiapkan kehamilan:
Folic acid atau Folat.
Merupakan zat vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan sereal. Dpat juga ditemukan pada buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Atau anda dapat mengkonsumsi dari vitamin tambahan anda sehari hari. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari.

Cara makan yang sehat.
Begitu anda mempersiapkan diri untuk hamil, sebisa mungkin untuk memulai pola makan yang lebih sehat  dengan cara melakukan diet makanan yang seimbang. Jangan salah persepsi. Diet disini bukanlah berorientasi membatasi ataupun mengurangi porsi pola makan yang normal. Diet disini bermaksud adalah membantu membentuk pola makan yang sehat. Secara jumlah kuantitas porsi tidak ada yang dikurangi, namun secara kualitas asupan yang biasa dikonsumsi ditperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk mempersiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum masa konsepsi (pembuahan terjadi) merupakan momen yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat. Masukkan dalam daftar makanan Anda, makanan yang rendah lemak, kaya akan serat dan vitamin folat.

Stop minuman atau makanan yang mengandung kafein.
Mengonsumsi kafein akan menurunkan kemungkinan dari seorang wanita untuk dapat hamil. Dan juga kafein meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran. Kafein terdapat pada kopi, teh, coklat, dan juga beberapa obat flu atau sakit kepala, sangat dianjurkan bagi Anda untuk membaca label sebelum menggunakannya.

Stop alkohol, merokok dan obat-obatan yang berpengaruh buruk pada bayi.
Untuk zat yang satu ini, dalam kondisi apapun Anda sama sekali tidak dianjurkan mengonsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan adiktif seperti kokain/morfin. Jelas sekali, 90% zat  terdapat pada semua Apalagi dikondisi Anda sedang mempersiapkan keadaan kesehatan tubuh yang prima menjelang kehamilan.

Makanan khusus untuk hamil ?
Dianjurkan para calon Ibu untuk banyak mengonsumsi zinc. Kekurangan zinc dapat mempengaruhi kesuburan baik wanita atau pria. Zinc bisa didapat dari kerang. Oleh karena itu, beberapa ilmuwan menyarankan untuk memakan kerang karena pada kerang mengandung zinc.

Namun demikian, diet pola makan sehat yang seimbang adalah yang terbaik untuk kesehatan anda secara keseluruhan dan kesuburan anda daripada hanya memakan satu atau dua macam makanan yang dianggap khusus untuk hamil. Makanlah secara seimbang dengan memvariasikan berbagai makanan sehat dalam diet seimbang anda.

Disamping itu olahraga akan membantu kehamilan yang sehat, dan biasanya wanita yang melakukan olahraga secara teratur sebelum kehamilannya, akan melanjutkannya dalam program selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter anda olah raga yang terbaik untuk anda.

Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar