Sukses

Apa Saja Penyebab Nyeri Dada?

08 Apr 2016, 10:11 WIB
Wanita, 0 tahun.

Dok, umur saya 12 tahun. saya udah beberapa kali sesak nafas dan jantung berdebar-debar dokter. terus, saya pernah nyeri di dada kanan, kemudian pindah ke leher, perut sebelah kiri, dan lengan dokter. ada apa yah, dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Namun Anda harus membedakan jenis nyeri dada yang Anda alami. Nyeri dada bisa disebabkan banyak hal yaitu :

  • Nyeri dada khas penyakit Jantung : biasanya nyeri dada kiri, tidak dapat ditunjuk dengan satu jari, seperti ditiban benda berat, menjalar, disertai keringat dingin.
  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada karena masalah psikologis
  • Nyeri dada karena trauma atau benturan, seperti terjadi hematothorax, pneumothorax, atau patahnya tulang dada

Jika nyeri dada, sesak nafas dan jantung berdebar-debar ini sangat menggangu Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan anamnesis, pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui jelas penyebab keluhan Anda.

Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar