Sukses

Dermatitis Atopik
11 Apr 2016, 14:27 WIB
Wanita, 1 tahun.

Dear dok, Anak saya itu waktu umur 3 bulan baru ketahuan punya dermatitis atopik, sekarang anak saya 11 bulan. yang saya mau tanya apa makanan yang baik untuk anak saya? Saya baca katanya ayam, tahu, brokoli, mentega, ikan patin (ikan tawar) itu ga masalah untuk anak alergi. Tapi sebulan lalu anak saya kasih itu, mulai tumbuh bentol beruntusan di tangannya. Saya stop dan kembali kasih makanan bubur nasi, goodmil milna dan milna biasa (itu ga masalah). Hanya saya khawatir, nanti kebutuhan gizi dan kebiasaan makanannya hanya makan bubur itu aja, saya ingin ada variasi. Tapi bagaimana ya dok? Terima kasih sebelumnya.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Dermatitis atopik pada bayi dapat dicetuskan oleh alergi makanan. Makanan yang umumnya paling sering menyebabkan alergi dan dapat mencetuskan dematitis atopik antara lain adalah susu sapi, telur, ikan, dan kacang. Namun demikian, jenis makanan lainnya tidak menutup kemungkinan untuk dapat menyebabkan alergi juga.

Untuk dapat mencegah agar dermatitis alergi tidak kambuh kembali, anak harus memantang makanan yang sudah terbukti mencetuskan dermatitis atopik. Anda harus memastikan makanan apa saja yang menyebabkan dermatitis atopik pada anak Anda kambuh.

Jangan memantang makanan tertentu tanpa bukti yang jelas bahwa anak memang alergi terhadap makanan tersebut. Memantang makanan berlebihan yang belum tentu terbukti menyebabkan alergi dapat menyebabkan anak malnutrisi.

Untuk dapat mengetahui makanan apa saja yang menyebabkan alergi pada anak, perhatikan satu-per satu makanan yang dimakan, catat, dan kenali apabila ada timbul gejala alergi.

Anda juga dapat membawa anak ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium atau uji cukit kulit untuk mengetahui apakah makanan yang menyebabkan alergi pada anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar