Sukses

Anak bekas tb susah naik berat badan

07 Apr 2016, 18:18 WIB
Pria, 15 tahun.

dokter, mau tanya. Anak saya mempunyai berat badan 44 kg seperti data di atas. berat badannya mengapa susah naik ? riwayatnya pernah terkena TBC Kelenjar dan dinyatakan sembuh pada kira2 bln mei 2015 lalu. tapi dinyatakan sembuhnya oleh dokter setelah minum obat TBC 9 bln dan tdk ada pemeriksaan lanjutan saat dinyatakan sembuhnya, langsung saja dihentikan minum obatnya. apakah masih ada kemungkinan kuman TBC di tubuhnya? dan apakah skrg perlu pemeriksaan tbc kembali sperti rontgen dan lainnya? dan mengapa berat badannya susah naik padahal sdh dinyatakan sembuh oleh dokter hampir 1 thn yg lalu? setelah dinyatakan sembuh memang sdh ada peningkatan berat badannya, dulu hanya 40 kg tpi krn dia tinggi jdi nampaknya seperti semakin kurus. makan 3-4 kali sehari, minum madu sudah, habbatusaudah, ekstrak kulit manggis juga, apakah ada kemungkinan terkena penyakit lain atau TBC kelenjarnya kambuh lagi? trima kasih...

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah memilih berkonsultasi dengan kami,

Pada anak paska pengobatan TBC yang berat badannya belum juga naik, sebelum berpikir apakah terdapat infeksi berulang, harus diketahui terlebih dahulu apakah nutrisinya tercukupi. Bagaimana dengan asupan nutrisi anak Anda? Untuk menaikkan berat badan anak Anda setidaknya kebutuhan kalorinya adalah sekitar 2000-2200 kalori per hari. Makan 3-4 kali sehari berapa banyak porsinya? Apabila setelah menaikkan konsumsi makanan namun juga tidak meningkat berat badannya, perlu dipikirkan adanya kemungkinan infeksi berulang atau kondisi medis lain.

Nutrisi yang buruk dapat mempermudah tertularnya TB pada seorang anak. Nutrisi yang tidak adekuat pada seorang anak dapat menurunkan kekebalan tubuhnya. Anak dengan daya tahan tubuh rendah akan mudah terkena infeksi termasuk TB. 

Tuberkulosis sendiri yang merupakan infeksi akan mempengaruhi status nutrisi dalam tubuh. Respon tubuh terhadap infeksi berkaitan dengan peningkatan pengeluaran energi akibat dari peningkatan daya tahan tubuh guna melawan infeksi. Tanda-tanda TB pada anak salah satunya adalah berat badan tidak naik dengan asupan yang adekuat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat,

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar