Sukses

Bintik Merah di Kulit Kepala dan Leher Anak
09 Apr 2016, 14:38 WIB
Wanita, 1 tahun.

Assalamualaikum selamat siang dr Atika, perkenalkan saya bunda iffa, anak saya laki laki usia 15 bulan, dokter di kulit kepala dan leher anak saya ada bintik bintik merah itu kenapa ya dok, suka bikin nggag yaman karena gatal, solusi tepat untuk menanganinya bagaimana dokter, terimakasih atas perhatiaanya.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Kemungkinan keluhan yang anak Anda alami disebabkan oleh biang keringat atau yang dalam dunia medis disebut dengan miliaria. Miliaria apabila masih ringan jarang menimbulkan keluhan gatal, namun ketika berat menimbulkan keluhan gatal, berair, dan kemerahan. Kondisi ini disebabkan adanya retensi kelenjar keringat pada kulit anak. 

Untuk menangani kondisi ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Pertama, berikan pakaian yang menyerap keringat. Kedua jangan gunakan pakaian yang berlapis tebal. Ketiga usahakan agar suhu ruangan terasa sejuk. Keempat untuk mengurangi gejala dapat digunakan lotio calamin, atau bedak yang mengandung kandungan salisil 2% dan mentol.

Sedangkan jika mengalami peradangan (ditandai dengan kemerahan yang sangat banyak dan menyeluruh) dapat diberikan salep antibiotik. Namun tentunya pemberiannya harus atas persetujuan dokter spesialis kulit yang menangani.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda: Biang Keringat, Biang Masalah

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar