Sukses

Perlukah Suntik Vitamin C Untuk Kulit?

08 Apr 2016, 12:48 WIB
Wanita, 41 tahun.

Dear Dokter, 1. Apakah suntik Vit C pada kulit itu perlu? 2. Apabila ya? Apa kegunaannya dan apakah tidak berbahaya bagi lambung/efek samping lainnya 3. Bagaimana jadwal suntik vit C yang baik untuk kesehatan stamina serta kecantikan kulit? Berapa biaya suntik vit C pada umumnya? Terima kasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebetulnya hingga saat ini pemberian vitamin C yang aman untuk kesehatan kulit adalah melalui suplementasi makanan (berupa vitamin) oral dan topikal (oles). Adapaun beberapa contoh penyakit yang memang merupakan indikasi suntik vitamin C antara lain scurvy (kondisi defisiensi berat vitamin C), gangguan perdarahan, tyrosinemia, dsb.

Penggunaan melalui intravena/injeksi tanpa indikasi medis yang jelas tidak disarankan, termasuk oleh US FDA (Food and Drug Administration), dan justru dapat menimbulkan bahaya reaksi anafilaktik, kerusakan lambung, ginjal, dan hati. Terutama bagi orang yang sudah memiliki kondisi medis tertentu seperti gangguan ginjal, kelebihan zat besi, penyakit lambung, dan sebagainya.

Suntik vitamin C juga tetap tidak dapat menggantikan nutrisi yang kita peroleh dari konsumsi makanan/minuman sehari-hari.

Agar kulit sehat, cara terbaik memperolehnya adalah dengan cara alami yakni memberikan nutrisi melalui makanan bergizi seimbang, cukup minum air, olahraga teratur sehingga sirkulasi darah kulit lancar dan racun sisa metabolisme terbuang dengan baik, tidur teratur, dan menghindari stress. Adapun terdapat beberapa komponen atau indikasi kulit sehat:

  • Warna kulit rata, tidak ada bintik-bintik gelap.
  • Halus, tidak ada benjolan, jerawat, keriput, dll.
  • Tidak kering (terhidrasi)
  • Sensasi normal, tidak ada rasa gatal, panas, dll.

Anda dapat mengunjungi tautan rubrik Kulit Sehat kami, dan membaca artikel berikut sebagai referensi tambahan mengenai kesehatan kulit:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar