Sukses

Merencanakan Kehamilan Pasca Lepas KB
08 Apr 2016, 12:18 WIB
Wanita, 33 tahun.

dok, saya ingin program anak ke 2, awal nya KB suntik dan udah lepas 2 th yg lalu, trim..

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebetulnya apabila setelah lepas KB siklus haid Anda sudah teratur kembali maka fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah dapat hamil lagi. 

Mengenai KB, perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, maupun susuk, dapat merubah pengaturan hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim. 

Keseimbangan hormon Anda secara perlahan akan kembali ke titik normal apabila penggunaan kontrasepsi hormonal dihentikan. Ada beberapa orang yang dapat segera hamil setelah 1-2 minggu pasca lepas KB, namun biasanya dalam kurun waktu 3 hingga 9 bulan menstruasi akan kembali reguler dan normal dalam hal frekuensi, jumlah maupun siklus yang menandakan bahwa organ reproduksi telah kembali siap. Jadi hal ini dapat berbeda-beda pada setiap orang bergantung pada teratur atau tidaknya siklus haid, keseimbangan hormonal dalam tubuhnya, ada tidaknya gangguan reproduksi, kesuburan dan status kesehatan calon ibu dan suami.

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Namun apabila dalam kurun waktu di atas belum terdapat kehamilan, sementara siklus haid Anda normal, maka diperlukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Dalam persiapan kehamilan, hal-hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga cukup.

Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3-4x/minggu terutama saat masa subur
  • Berolahraga teratur, menjaga kesehatan fisik, dan menghindari stress (istri maupun suami)

Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya seperti USG untuk melihat adanya kelainan pada organ reproduksi. Umumnya Dokter akan merekomendasikan beberapa pemeriksaan, termasuk pemeriksaan analisa sperma untuk suami Anda.

Berikut adalah beberapa artikel kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan dan nutrisi pada saat kehamilan:

Kunjungi juga Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi seputar kehamilan. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu serta dapat segera memperoleh momongan.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar