Sukses

Keluhan Pusing dan Haid Berhenti

06 Apr 2016, 07:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya, sekarang saya sedang haid hari ke-4. kemarin saya merasakan pusing yang sangat sakit, kemudian saya minum obat. tetapi setelah saya minum obat, haid saya berhenti hingga hari ini. Dan sekarang saya kembali merasakan pusing dok. Mohon penjelasannya, Terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya perlu diketahui obat apakah yang Anda konsumsi untuk menghilangkan rasa pusing? Sejak kapan keluhan dirasakan? Kemudian bagaimana siklus menstruasi Anda sebelumnya, apakah lancar/tidak teratur? 

Gangguan haid dapat timbul akibat adanya penyakit yang mendasari pusing tersebut, ketidakseimbangan hormonal, hingga konsumsi beberapa jenis obat-obatan kemoterapi, anti depresan, obat alergi, obat hipertensi, dsb. Terjadinya perubahan hormon pada saat siklus menstruasi juga dapat menimbulkan keluhan sebelum dan ketika mengalami haid, misalnya pusing, sakit kepala, peningkatan nafsu makan, jantung berdebar-debar, lemas dan seperti ingin pingsan, dan lainnya yang kesemuanya disebabkan karena terjadinya ketidakseimbangan hormon estrogen yang meningkat pada siklus menstruasi.

Keluhan-keluhan ini termasuk normal. Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri parasetamol untuk mengatasi rasa nyeri, berisitrahat dan mengusahakan agar selalu rileks (misal: menggunakan aromaterapi, berada di ruangan sejuk, mendengarkan musik yang lembut, dll), cukupi konsumsi air dan perhatikan agar Anda tidak kelaparan.

Namun apabila keluhan ini baru dirasakan pertama kali dan siklus haid Anda sebelumnya normal (21-35 hari), atau tidak hilang dengan pengobatan di rumah kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter untuk evaluasi penyebab lainnya. 

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar