Sukses

Mual tanda hamil?

07 Apr 2016, 17:18 WIB
Pria, 25 tahun.

Dokter, Saya mau bertanya, Apakah mual-mual adalah tanda pasti bahwa istri hamil? Istri saat ini sedang ASI ekslusif karena anak masih berumur 2 bulan. Terakhir istri haid pertama setelah melahirkan tanggal 25 maret 2016 dan berakhir tanggal 29 maret 2016. Lalu kami ber-HB di tanggal 31 maret tanpa kondom namun full ejakulasi diluar, Lalu tgl 1 dan 3 april 2016 masing-masing menggunakan kondom. Tanggal 5 april 2016 pagi-pagi istri mual-mual, sy agak khawatir apakah itu pertanda hamil? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah melakukan konsultasi di Klikdokter.com

Mual mual memang salah satu gejala kehamilan, namun tidak pasti. Mual saat hamil disebabkan adanya peningkatan hormon kehamilan. Berhubungan badan dengan melakukan ejakulasi di luar akan menurunkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Serma membutuhkan mediasi untuk berenang dari vagina ke dalam rahim agar terjadi kehamilan. Apabila mediasi/cairan tersebut tidak ada, bahkan terdapat barier/tahanan dari celana dalam anda, maka tidak mungkin dapat terjadi kehamilan. Namun lain hal nya bila Anda tidak yakin ada sperma yang sempat dikeluarkan di lubang vagina atau tidak. 

Untuk kasus Anda saat ini nampaknya kecil kemungkinan terjadinya kehamilan, apalagi hal ini dilakukan di luar masa subur atau ovulasi istri Anda. Ovulasi terjadi kira-kira 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Namun apabila Anda khawatir, Anda bisa memeriksakan kadar hormon beta HCG darah istri Anda di rumah sakit. Hormon ini terbentuk ketika memang terjadi kehamilan. Atau Anda bisa menunggu siklus haid berikutnya, apabila terlambat lakukan tespek. Tespek akan mendeteksi hormon beta HCG urin. Hormon beta HCG urin lebih lambat dirdeteksi dibandingkan hormon beta HCG darah.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga dapat menjawab pertanyaan Anda

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar