Sukses

Apa Penyebab Biduran?

05 Apr 2016, 10:45 WIB
Pria, 44 tahun.

saya sering mengalami alergi gatal, kadang seperti biduran di sekujur tubuh, setelah saya konsumsi obat anti histamin selama beberapa hari, biasanya alergi tersebut hilang dan tidak kambuh dalam waktu yang lama, apa penyebab alergi saya? sebab saya kurang bisa membedakan penyebabnya, tetapi sebagian berawal dari memakan daging ikan air tawar atau laut, tapi terkadang juga tidak menimbulkan alergi memakan ikan bagi saya... jadi apakah penyebab sebenarnya

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Penyebab biduran pada masing- masing orang yang berbeda- beda. Anda dapat mengamati kapan terjadinya biduran pada Anda, misalnya setelah memakan makanan tertentu, cuaca yang dingin, setelah mengkonsumsi obat tertentu, karena gigitan serangga dan sebagainya. Bila suatu hari Anda biduran setelah mengkonsumsi ikan tertentu namun saat waktu yang berbeda tidak ada masalah setelah memakannya, bisa jadi hal tersebut dilatarbelakangi faktor kesegaran ikan atau bumbu tambahan saat memasak.

Untuk mengetahui penyebab pasti biduran yang terjadi pada Anda, sebaiknya Anda melakukan skin prick test atau patch test yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Pengobatan yang paling ideal tentu saja mengobati penyebab atau bila mungkin menghindari penyebab yang dicurigai. Bila tidak mungkin paling tidak mencoba mengurangi penyebab tersebut, sedikit-dikitnya tidak menggunakan dan tidak berkontak dengan penyebabnya. Gejala dapat diobati dengan efektif. Beberapa obat yang dapat dipergunakan antara lain adalah antihistamin oral. Obat ini dapat mengontrol gejala bagi sebagian besar orang, namun tidak menghilangkan penyebabnya. 

Semoga Anda sekeluarga selalu sehat ya.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar