Sukses

Gangguan Kepribadian Borderline

07 Apr 2016, 13:45 WIB
Wanita, 41 tahun.

Saya mau tanya, apakah penderita BPD (Borderline Personality Disorder) bisa disembuhkan total sehingga sama sekali tidak minum obat? Saya penderita BPD dan sudah minum obat sejak tahun 2008, tapi sekarang ini dosisnya mulai dikurangi perlahan-lahan. Apakah penderita BPD bisa menikah seperti orang pada umumnya dan hidup mapan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Sebelumnya saya ingin menjelaskan kepada anda terkait dengan definisi dari BPD atau Borderline Personality Disorder, gangguan kepribadian jenis ini dikatakan borderline atau ambang dikarenakan berada pada dua gangguan jiwa yaitu neurosis dan schizophrenia. Pada gangguan kepribadian ini biasanya penderitanya mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim, sikap dan perilaku kepada orang lain juga dapat berubah seperti perubahan suasana hati yang dialami.

Gangguan ini yang memang mengakibatkan para penderitanya sulit untuk mempunyai hubungan yang intens dengan seseorang. Meskipun para penderitanya memiliki minat yang tinggi terhadap hubungan interpersonal namun rawan atau memiliki kecenderungan yang tinggi terhadap kekecewaan.

Anda tetap bisa menikah dan memiliki hubungan yang baik, dengan tetap rajin kontrol kepada dokter psikiatri kepercayaan anda. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat antidepresan serta mengikuti terapi perilaku Dialektika, yang mana akan melatih anda untuk tetap mampu mengontrol emosi, mengajarkan anda untuk memiliki toleransi terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan anda, dan melatih anda untuk mengelola stress dengan lebih baik.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar