Sukses

Stroke Setelah Melahirkan
03 Apr 2016, 23:56 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok saya pernah mengalami strok ringan setelah melahirkan wajah saya kaku sebelah tp sekarang sudah normal dari tensi darah atau wajah sudah kembali normal,saya mau bertanya?apakah saya bisa hamil lagi?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Stroke setelah melahirkan dapat disebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi selama kehamilan dan melahirkan sehingga menyebabkan pembuluh darah otak pecah. Hal ini dapat menyebabkan gejala stroke seperti sakit kepala, penurunan kesadaran, muntah, lumpuh sebelah, bicara pelo, dll. Jika anda pernah mengalami  stroke setelah melahirkan, maka tidak menutup kemungkinan jika anda hamil lagi maka hal tersebut akan berulang kembali. Hal ini dapat terjadi walaupun sekarang tekanan darah anda sudah kembali normal setelah melahirkan dan gejala stroke sudah hilang. Jika anda hamil kembali, maka kehamilan anda berikutnya akan masuk ke dalam katergori kehamilan berisiko. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan anda untuk mencari solusi terbaik. Jika memang kondisi anda diperbolehkan untuk hamil, maka anda harus benar-benar melakukan kontrol kehamilan dengan teratur agar kondisi anda dan janin stabil selama masa kehamilan. Minumlah obat penurun tekanan darah yang diberikan oleh dokter selama kehamilan. Pemilihan cara melahirkan juga dapat dilakukan dengan operasi sesar jika melahirkan secara normal dinilai akan berisiko menimbulkan stroke seperti yang terjadi pada kehamilan anda sebelumnya. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar