Sukses

Alergi Pada Anak
03 Apr 2016, 23:31 WIB
Wanita, 4 tahun.

Dok mau nanya...alergi anak saya terjadinya hanya d bagian wajah.tangan dan kaki timbulnya bengkak kaya d tonjok penyebabnya apa dan solusinya bagaimana?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Ruam merah pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab terseringnya adalah penyakit dermatatis. Dermatitis ini sendiri sebenernya dapat dipicu oleh berbagai hal seperti dermatitis kontak iritan yang terjadi akibat adanya pajanan zat yang menyebabkan iritasi seperti sabun, detergen, lotion, parfum, serta dermatitis kontak alergi yang terjadi akibat adanya pajanan zat logam atau lateks seperti pada perhiasan, jam, dll. Selain itu, ada lagi jenis dermatitis lain yaitu dermatitis atopi yang biasanya dipicu oleh alergen seperti debu, bulu hewan, serbuk bunga, dll. Anak dengan dermatitis atopi biasnya tidak hanya memiliki gejala kulit, namun disertai dengan gejala lain jika terpapar pada alergennya seperti mata dan hidung berair dan gatal hingga gejala asma. Biasanya, anak dengan dermatitis atopi juga memiliki anggota keluarga dengan keluhan serupa (Ayah, Ibu, atau saudara kandung). Saat bayi memang gejala dermamatitis atopi lebih banyak terdapat pada wajah, terutama pipi, namun seiring dengan pertambahan usia, gejala berpindah pada tangan dan kaki terutama pada bagian lipatan. Anda perlu mencari tahu apa yang biasanya menyebabkan gejala ini muncul. Misalnya anda memperhatikan gejala selalu muncul setelah anak terkena debu, maka langkah yang dapat anda ambil adalah menghindari pajanan debu pada anak. Pastikan rumah anda termasuk kursi, kasur, perabotan, hingga pakaian bersih-bebas dari debu. Jika anda tidak mengetahui pemicunya maka berobatlah ke dokter spesialis anak atau kulit agar dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk mencari jenis zat yang menimbulkan alergi pada anak anda dan memberikan penanganan dengan tepat.   

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,RF

0 Komentar

Belum ada komentar