Sukses

Keputihan Pada Kehamilan
02 Apr 2016, 23:07 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, usia kandungan saya saat ini bru 7 minggu. Setiap hari keluar cairan lembek lumayan berbau, kadang berwarna putih seperti nasi, kadang berwarna coklat dan kadang berwarna cokelat seperti tanda akan haid. Apakah itu tanda ada masalah di kandungan saya ?? Saya sudah pernah diberi obat penguat kandungan dari dokter (pemakaian dimasukkan ke vagina) tapi cairan itu masih terus keluar setiap hari di celana dalam saya. Apakah itu wajar dan normal ??

 

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Ibu yang terhormat, dari gejala yang ibu sampaikan, yakni keluar cairan putih, kental, kadang seperti nasi, dan berbau, sepertinya Ibu mengalami keputihan pada masa kehamilan. 

Keputihan adalah keluarnya cairan berlebihan dari vagina baik disebabkan karena keadaan normal (saat menjelang menstruasi, stres, kehamilan, pemakaian kontrasepsi, dsb) maupun akibat keadaan yang tidak normal (infeksi parasit atau jamur). 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya yang putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.
 
Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, kadang seperti nasi, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan yang tidak normal umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.
 
Dari gejala yang Anda sebutkan sepertinya Anda menderita keputihan yang tidak normal,keputihan abnormal ini perlu segera diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam, pada kondisi yang tidak segera ditangani keputihan ini akan dapat mempengaruhi janin. Pengobatan yang tidak tepat dan tidak teratur dapat menyebabkan pengobatan menjadi tidak berarti. Untuk itu kami sarankan kepada Anda untuk terus berkonsultasi kepada dokter, dan melakukan pengobatan secara teratur.
 
Jadi dapat kami perjelas, kemungkinan keadaan ini (terdapat cairan putih, kental, dst) bukanlah disebabkan karena janin yang ada dalam kandungan, namun terjadi akibat adanya infeksi pada vagina yang justru dapat menyebabkan gangguan pada janin.
 
Permasalahan bercak kecoklatan seperti ingin menstruasai tidak kalah pentingnya untuk Anda periksakan, bercak coklat dapat menggambarkan adanya resiko abortus (keguguran) pada kehamilan.
 
Kembali kami ingatkan untuk senantiasa memeriksakan kehamilan Anda kepada dokter, dan melakukan kontrol kehamilan secara teratur
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar