Sukses

Pernah Jatuh Terduduk, Akankah Sakit di Masa Tua?

05 Apr 2016, 11:07 WIB
Wanita, 15 tahun.

saya mau nanya dok, kan saya wkt sd prnh kepeleset di jalanan dan itu rasanya tulang ekor saya bnr2 sakit tetapi karena malu saya malah ydk bilang kpd org tua dan menahan sakit itu hingga sembuh sndr tanpa dipijat atau apa pun. nah mungkin kah ada efek samping yg saya rasakan pada masa yg akan datang dok? trimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah saat ini Anda memiliki keluhan seperti mudah nyeri pinggang? Apakah terdapat keluhan seperti kesemutan, maupun rasa terbakar yang menjalar ke kaki?

Kaitan antara riwayat jatuh terduduk dengan kemungkinan penyakit di masa yang akan datang tidak dapat diramalkan secara pasti. Hal itu akan sangat berkaitan dengan derajat kerusakan yang terjadi saat jatuh (dipengaruhi oleh seberapa tinggi jarak saat jatuh, apakah berat badan Anda berlebihan di saat itu). Umumnya, terjatuh ringan yang terjadi hanya satu kali saja tidak berpengaruh besar terhadap terjadinya penyakit di masa tua. Sekali lagi, hal ini sulit diramalkan dengan pasti. Lain halnya bila terjatuh terduduk dari ketinggian yang cukup tinggi dan terjadi terus-menerus, salah satu penyakit yang berkaitan dengan hal ini adalah penyakit yang disebut Hernia Nukleus Pulposus atau sering disebut saraf terjepit.

Hernia Nucleosus Pulposus adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis (bantalan saraf) yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang.

Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjaga postur tubuh dengan baik (tidak membungkuk, mengangkat barang dengan aman, mempertahankan duduk yang lurus saat bekerja dengan meja), dengan begitu Anda menjaga kesehatan dan keselarasan tulang pinggang dan saraf di bagian tersebut, agar saat masa tua tidak memunculkan penyakit-penyakit yang tidak diinginkan karena gaya hidup yang salah. Selain itu, jagalah agar berat badan Anda selalu ideal serta rutinlah berolahraga untuk memperoleh kekuatan otot dan elastisitas sendi yang baik.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar