Sukses

Tidak Ingin Gigi yang Bermasalah Dicabut

02 Apr 2016, 14:10 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat Siang Dok Dok mohon sarannya, ketika usia saya 17 tahun, satu gigi seri rahang atas saya pernah sakit hingga tampak abses digigi akhirnya gigi tersebut di PSA sampai beberapa kali kunjungan dan akhirnya ditambal. Usia saya 22 gigi tersebut sakit, dan dirontgen ada lesi diujung akar gigi, saya akhirnya pergi ke drg, sp.konservasi. Gigi saya juga dirawat dengan PSA hingga beberapa kali kunjungan terakhir dibuatkan jaket gigi. Sekarang usia saya sudah 30, karena rencan mau perawatan ortho, gigi saya dirontgen kembali, ternyata digigi itu masih ada lesi, padahal secara kasat mata tonjolan digusi hampir tidak nampak. Apa yang harus saya lakukan dok? Saya tidak ingin gigi itu dicabut, atau dibedah. Apakah PSA memang tidak bisa dilakukan lagi? Mohon sebesar-sebesarnya jawabannya. Trims.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami rasa khawatir Anda terhadap kondisi gigi yang pernah dilakukan perawatan saluran akar. Perawatan saluran akar dapat dilakukan ulang bergantung dari kondisi kelainan yang dialami dan juga kondisi giginya. Lesi yang terdapat pada ujung akar gigi ini bisa saja merupakan kista atau juga abses.

Perlu dibedakan antara abses dan kista. Abses adalah rongga abnormal yang berisi nanah, sedangkan kista umumnya tidak berisi nanah kecuali kista terinfeksi dan dindingnya dibatasi jaringan epitel. Ada abses yang lebih beresiko untuk berkembang menjadi kista, namun ada juga yang tidak. Pencabutan adalah pilihan terakhir, bila memang sudah tidak dapat dilakukan perawatan lagi. Gigi yang mengalami abses akut tidak dapat dicabut, karena bakteri dapat menyebar. Lain halnya dengan kista.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar