Sukses

Keluhan di kelamin apakah Herpes

05 Apr 2016, 11:01 WIB
Pria, 34 tahun.

Selamat Malam, 5 hari yg lalu saya menemukan 2 bintik seperti jerawat di batang penis, saya pencet dan keluar air... Besoknya saya periksa ke SpKK dugaan dokter adalah herpes saya di beri obat antibiotik dan salep untuk bekas lukanya. Yg mau saya tanyakan, saya masih ragu karena gejala yg saya derita tidak mirip dengan herpes... Apakah boleh saya cek ke lab untuk hsv 1 & 2 sementara saya tetap melanjutkan minum antibiotik... Apakah meminum antibiotik akan mempengaruhi hasil lab saya nanti? Saya ingin memastikan apakah saya benar terkena herpes atau tidak dengan cek HSV 1 & 2... Mohon saranya?...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Herpes Simpleks sendiri terkadang dapat seperti bintil-bintil berisi cairan jernih  atau bernanah, berkelompok di atas kulit yang memerah. Jika pecah maka akan terasa nyeri. Dapat disertai dengan demam, rasa lemas dan tidak nafsu makan. Penyakit ini merupakan infeksi menular seksual dan disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe II.  Namun, pada pelaku seksual oral, infeksi  di daerah genitalia dapat juga disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe I.

Pada umumnya virus herpes simpeks yang aktif akan menimbulkan gejala kulit. Untuk memastikan apakah terdapat virus aktif atau tidak dapat dilakukan dengan pemeriksaan IgM Anti HSV1/2. Secara umum tidak ada makanan atau minuman yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi namun sebaiknya Anda menjaga pola makan dan hidup Anda secara sehat agar virus tidak aktif kembali. Multivitamin boleh saja dikonsumsi. 

Apabila Anda ingin berhubungan intim atau melakukan aktivitas seksual lainnya dengan pasangan, dipastikan tidak dalam keadaan sakit, tidak ada kelainan kulit dan dapat dipastikan dengan IgM anti HSV 1/2 negatif untuk menghindari penularan. Pada umumnya tidak terjadi penularan apabila virus dalam keadaan tidak aktif.

Pengobatan herpes tidak dengan menggunakan obat antibiotik, namun menggunakan obat antiviral tablet dan juga salep, penggunaan antibiotik yang sudah Anda minum harus diselesaikan sampai dengan dosis terapi, jangan sampai Anda menstop di tengah tengah. Namun Anda dapat melakukan pemeriksaan herpes dgn HSV 1 dan 2. silahkan berkonsultasi dengan dokter yang sama untuk memberikan gambaran dan penjelasan yang lebih rinci.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat (PI)

 

0 Komentar

Belum ada komentar