Sukses

Anak Baru Lahir, Muncul Bintil?

01 Apr 2016, 14:34 WIB
Wanita, 29 tahun.

siang dok..dok anak sy baru lahir skitar 9 hari. di sekitar leher dan kepala muncul melenting2 sejenis biang keringat cuma bedanya seperti bernanah .sebelumnya pd saat keluar dari RS tidak ada muncul seperti itu tp ketika bbrpa hari dirumah muncul sprti itu.itu kenapa ya dok? apakah karna hawa panas? karena memang dirumah sy tidak menggunakan ac,kalau menggunakan ac suhu brp ya dok yg aman untuk anak yg baru lahir?terima kasih sebelumnya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah bintil tersebut berwarna kemerahan? Apakah terdapat demam? Apakah bintil juga muncul di punggung dan area lain? Apakah anak cenderung tampak sering berkeringat (ditandai dengan baju yang mudah basah saat panas)? Sudah berapa lama keluhan timbul? Agak sulit untuk menentukan penyebab lenting tersebut  hanya dengan data singkat yang Anda berikan. Bisa berbagai macam penyakit yang menyebabkan keluhan bintil-bintil di kulit. Bisa saja karena gigitan serangga , infeksi virus seperti cacar air, atau infeksi bakteri juga bisa. Biang keringat biasanya mengenai daerah yang lembab dan tertutup. 

Penyembuhannya bergantung pada penyebabnya. Jika karena virus cacar air maka hanya memerlukan obat untuk gejala dan akan menyembuh sendiri, bila infeksi bakteri memerlukan pengobatan salep antibiotik dan bergantung keparahan mungkin memerlukan antibiotik minum, bila karena biang keringat memerlukan bedak dingin.

Pencegahan terhadap penularan infeksi virus adalah dengan menghindari kontak, untuk infeksi bakteri terutama dengan menjaga kebersihan dan untuk biang keringat adalah dengan menjaga agar bayi senantiasa dalam kondisi sejuk.

Gigitan serangga yang tidak terlalu berat maka sebaiknya dapat ditangani dengan pemberian anti gatal dan losio yang dingin. Bedak dingin juga dapat membantu. Namun jika cukup berat maka sebaiknya dibawa ke dokter karena mungkin diperlukan obat oles untuk anti radang dan juga obat minum anti gatal dan anti radang.

Sementara, pastikanlah kebersihan dengan memandikan anak secara baik dan menyeluruh, menghindari pemakaian barang bersama dengan anak-anak lain dan menjaga suhu anak Ibu senantiasa sejuk. Bila memang rumah ibu tidak ada ac maka tidak apa-apa, tidak perlu memaksakan anak berada di ruangan ber-ac. Suhu ac sendiri tidak ada patokan mesti seberapa, yang jelas cukup hangat dan anak juga terlindung selimut atau baju yang memadai.

Bayi baru lahir membutuhkan waktu istirahat yang paling banyak dibandingkan dengan kelompok usia lain,. Normalnya dibutuhkan waktu sekitar 14-16 jam perhari untuk si kecil beristirahat.

Untuk menentukan penyebab dari keluhan kulit bayi Anda, tentu diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Bila keluhan menetap, lebih baik Anda membawa anak Anda untuk berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar