Sukses

Herpes Kelamin

31 Mar 2016, 22:23 WIB
Pria, 26 tahun.

selamat malam dok...5 hari yg lalu saya menemukan 2 bintik seperti jerawat di batang penis, saya pencet dan keluar air... Besoknya saya periksa ke SpKK dugaan dokter adalah herpes saya di beri obat antibiotik dan salep untuk bekas lukanya. Yg mau saya tanyakan, saya masih ragu karena gejala yg saya derita tidak mirip dengan herpes... Apakah boleh saya cek ke lab untuk hsv 1 & 2 sementara saya tetap melanjutkan minum antibiotik... Apakah meminum antibiotik akan mempengaruhi hasil lab saya nanti? Saya ingin memastikan apakah saya benar terkena herpes atau tidak dengan cek HSV 1 & 2... Mohon saranya?...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah diagnosis herpes ditegakkan oleh dokter? Apakah Anda pernah mengalami pengobatan sebelumnya? Selain di bibir adakah benjolan di lokasi lain? 

Kami sarankan sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan diketahui apakah penyebab benjolan di bibir Anda adalah herpes atau penyakit lainnya.

Penyakit herpes terdiri dari dua macam, yaitu herpes zoster dan herpes simpleks. Herpes zoster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi infeksi virus varicella-zooster yang terjadi setelah infeksi primer yang umumnya bermanifestasi sebagai cacar air (varisela) yang menyerang kulit dan mukosa. Sedangkan herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah, mengenai alat kelamin dan mukosa mulut. Penyakit herpes simpleks termasuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual. 

Hingga saat ini belum ada terapi yang dapat memberikan kesembuhan total terhadap infeksi virus herpes simpleks. Akan tetapi pemberian obat antivirus tertentu (seperti asiklovir, valasiklovir, famsiklovir) dapat membantu memendekkan durasi penyakit dan memperpanjang interval kekambuhan.

Yang terpenting adalah menjaga kekebalan tubuh dengan asupan nutrisi cukup, istirahat cukup, dan berolahraga secara teratur. Mengingat virus ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, maka sebaiknya pasangan Anda juga menjalani pemeriksaan yang sama, karena keduanya harus diobati jika terbukti positif menderita HSV. Jika infeksi virus sudah tidak aktif tidak akan menukar ke orang lain, akan tetapi kami sarankan agar Anda setia melakukan hubungan seksual pada satu pasangan, menggunakan kondom lateks secara konsisten dan benar ketika berhubungan untuk mengurangi risiko penularan herpes, jika gejala herpes muncul kembali segera hentikan aktifitas seksual.

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar