Sukses

Seputar Flek-Flek Yang Timbul Diluar Masa Menstrasi

05 Apr 2016, 10:49 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok, mau tanya, vagina saya keluar flek darah sudah 2 hari dengan intensitas yang cukup sering dan jumlah yang banyak. Padahal saya diluar masa mens saya, dan jarak antara flek-flek ini dengan masa mens saya sekitar 1 minggu sebelum mens. Saya baru menikah selama 3 bulan dan memang tidak terburu-buru untuk memiliki anak. Sejauh ini yang saya lakukan hanya sebatas mencuci vagina saya dengan vaginal douche dengan aplikatornya. Yang mau saya tanyakan adalah: 1. Apakah ini normal? Karena ini juga terjadi cukup sering diluar masa mens. Apakah ini termasuk gejala mengarah ke kanker serviks atau yang lainnya? 2. Apakah kedepannya berdampak ke arah kemandulan? 3. Apakah dalam keadaan flex darah seperti ini diperbolehkan untuk berhubungan badan? 4. Adakah pengobatan dini selain memeriksanya dulu ke dokter. Dan kalaupun periksa, berapa harga kisaran untuk sekali periksa? terima kasih

Halo...

Terima kasih telah mempercayakan permasalahan kesehatan Anda kepada Kami. Kami mencoba menjawab pertanyaan Anda satu persatu.

1. Beberapa penyebab dari flek-flek yang keluar diluar siklus menstruasi adalah 

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease
  • Vagina lecet karena hubungan seksual

Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke Dokter Spesialis Obsgyn.

2. Untuk kemandulan pun tidak bisa hanya dilihat dari keluarnya flek di luar siklus menstruasi. Harus dilihat dari berbagai aspek. Misalnya fungsi anatomi dari rahim Anda dan sebagainya

3. Jika flek disebabkan karena lecetnya vagina sebaiknya jangan dilakukan dulu hubungan seksual. Karena khawatir akan terkena infeksi.

4. Pengobatan dilakukan setelah melakukan pemeriksaan fisik yang dilkaukan oleh dokter spesialis obsgyn karena tanpa pemeriksaan fisik tidak dapat ditegakkan diagnosa. Untuk biaya tergantung pemeriksaan apa yang akan dilakukan. Jika USG biasa mungkin sekitar 200 - 300 ribu rupiah.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu. (KM)

    0 Komentar

    Belum ada komentar