Sukses

Mendapatkan Tubuh Ideal

01 Apr 2016, 15:15 WIB
Pria, 27 tahun.

dok bagaimana cara membuat badan berisi tapi pipi tidak tenbem dan perut tidak buncit?? apa yg perlu banyak makan protein saja??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Muhammad Anwar Irzan.

Mendapatkan Tubuh Ideal

Memiliki tubuh ideal memang idaman setiap manusia. Usaha yang dapat dilakukan untuk membuat bentuk tubuh yang ideal pun sangat beragam. Mulai dari pengaturan makan, olahraga, sampai dengan usaha operatif seperti tummy tuck. Namun sebenanrya, kunci penting dari menjaga berat badan adalah kalori yang seimbang.

Sering kita dengar bahwa orang sibuk menghitung kalori dari makanan yang sudah dimakan. Tidak jarang juga pada saat olahraga, orang menghitung jumlah kalori yang telah terbuang. Apakah kalori itu? Kalori adalah sebuah satuan untuk mengukur energi, seperti kilogram untuk mengukur berat badan dan seperti meter untuk mengukur jarak. Sejumlah energi yang dikeluarkan untuk mengerjakan suatu aktivitas diukur dengan satuan pembakaran kalori.

Bagaimana caranya membakar kalori? Sebenarnya caranya sangatlah mudah. Apabila seorang manusia hidup, maka secara konstan tubuh kita akan membakar kalori untuk membuat tubuh tetap berfungsi dengan baik. Namun, yang menjadi masalah adalah apakah sejumlah kalori yang kita makan sesuai dengan kalori yang kita buang dengan aktivitas sehari-hari saja? Untuk membakar kalori lebih banyak, kuncinya adalah beraktivitas lebih banyak maka kalori yang terbuang akan lebih banyak.

Berapa banyak kalori yang harus dibuang untuk mengurangi setengah kilogram berat badanUntuk membuang setengah kilogram berat badan, Anda harus membakar 3500 kalori. Lalu bagaimana dengan, untuk mengurangi berat badan sebanyak 10 kilogram? Untuk mengurangi berat badan sebanyak 10 kilogram, Anda harus membakar kalori sebesar 70.000 kalori lebih banyak daripada kalori yang Anda makan. Biasanya dalam satu hari seseorang memakan sekitar 1800 sampai dengan 2000 kalori.  Apabila dihitung dalam rata-rata, seseorang harus membuang sekitar 2500 kalori dalam sehari berturut-turut selama 140 hari atau sekitar kurang lebih 5 bulan apabila ingin menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram.

Untuk menurunkan berat badan, maka sesorang harus membuang kalori lebih banyak daripada yang ia makan. Sebagai contoh apabila mengkonsumsi 1800 kalori dalam sehari, maka untuk menurunkan berat badan setidaknya membuang 2300 kalori dalam sehari. Sehingga kalori tersebut akan diambil dari penumpukan lemak di tubuh dan otot. Hal inilah yang menyebabkan mengapa kita harus berolahraga. Olahraga akan membakar lemak dan membangun massa otot untuk mencapai bentuk tubuh ideal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar