Sukses

Mudah Marah Karena Pola Asuh

31 Mar 2016, 11:03 WIB
Pria, 23 tahun.

Yth Dokter. Saya dididik oleh orangtua yang bernada tinggi dalam pendampingannya. Setelah beranjak dewasa, saya makin takut dengan nada tinggi. Nada tinggi membuat saya selalu memendam emosi yang saya rasakan. Namun, akhir-akhir ini saya makin tidak bisa memendamnya. Ketika ada yang melukai hati saya (walau itu sepele), saya tidak bisa mengerem emosi sehingga berakhir dengan membanting barang yang berada di sekitar saya. Apa solusi dokter untuk saya? Apakah saya bisa sembuh? Saya takut di masa depan kelak, keluarga saya menjadi seperti ini karena saya. Terimakasih, dokter.

Halo...

Terima kasih telah mempercayakan permasalahan kesehatan Anda kepada Kami. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Cara mendidik anak saat  kecil memang akan berpengaruh terhadap perilaku anak saat dewasa. Untuk mengatasi sifat Anda yang mudah marah bisa Anda atasi dengan:

1. Menempatkan diri Anda menjadi orang yang ada di sekitar Anda. Dengan menempatkan diri Anda, Anda akan mengerti perasaan orang disekitar Anda jika anda tiba-tiba marah karena hal yang sepele.

2. Tenangkan diri Anda ke tempat yang sepi. Tarik nafas dalam-dalam. Dan diam untuk beberapa saat.

3. Cari kesibukan untuk melupakan permasalahan yang sedang Anda hadapi. Lakukan hal yang menyenangkan menurut Anda.

Orang yang mudah marah dan cukup membuat orang di sekitarnya tidak nyaman sudah barang tentu sangat tidak baik. Kehidupan sosial orang tersebut akan buruk. Ikrarkan dalam diri untuk tidak mudah marah. Santai saja dan cuek terhadap sesuatu yang tidak penting.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu. (KM)

    0 Komentar

    Belum ada komentar